Pengembangan model pennilaian autentik berbasis kurikulum 2013 / Andra Setia Bhakti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pennilaian autentik berbasis kurikulum 2013 / Andra Setia Bhakti

Bhakti, Andra Setia (2014) Pengembangan model pennilaian autentik berbasis kurikulum 2013 / Andra Setia Bhakti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan Model Penilaian Autentik Berbasis Kurikulum 2013. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sentot Kusairi S. Pd. M. Si (II) Dr. Muhardjito M.Si. Kata Kunci penilaian autentik buku petunjuk 12288 12288 12288 12288 Salah satu elemen perubahan Kurikulum 2013 adalah pada standar penilaian. Standar penilaian pada Kurikulum 2013 menggunakan penilaian autentik. Penilaian autentik mengumpulkan informasi tentang siswa dengan cara mengajak siswa untuk mengembangkan keterampilan yang sesuai dengan kenyataan. Oleh karena itu penilaian autentik merupakan penilaian yang esensial terutama pada Kurikulum 2013 tetapi guru belum memiliki buku petunjuk. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan model penilaian autentik berupa buku petunjuk praktis. 12288 12288 12288 12288 Penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian pengembangan Borg dan Gall (1989) yang hanya dibatasi pada lima langkah penelitian yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembangan draf produk (4) uji coba lapangan awal (5) revisi hasil uji coba. Instrumen yang digunakan adalah penilaian angket untuk validator dan angket untuk uji coba lapangan awal. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitif dari nilai rata-rata validator sedangkan data kualitatif dari komentar dan saran validator serta guru. 12288 12288 12288 12288 Pada tahap pengembangan draf produk dilakukan validasi produk oleh seorang validator yang merupakan salah satu dosen fisika yang kompeten dalam bidang penilaian. Berdasarkan analisis data kuantitatif diperoleh hasil bahwa produk penelitian dan pengembangan cukup baik tetapi perlu adanya revisi di beberapa bagian. Nilai rata-rata yang diperoleh dari analisis penilaian validator menurut ranah bahasa konstruksi dan materi sebesar 3 2 56 3. Selanjutnya berdasarkan data kuantitatif dan kualitaitf dilakukanlah revisi produk. Setelah merevisi produk peneliti melakukan uji coba lapangan awal. Subjek uji coba lapangan awal merupakan lima orang guru fisika yang ada di Malang yaitu dua orang guru dari SMAN 4 Malang dua orang guru dari SMAN 5 Malang dan satu orang guru dari SMAN 2 Batu. Nilai rata-rata yang diperoleh dari analisis penilaian uji coba lapangan awal sebesar 3 4. Nilai tersebut menunjukkan bahwa produk layak dipergunakan. Produk penelitian dan pengembangan berupa buku petunjuk guru dapat dikembangkan lebih lanjut untuk mata pelajaran lain tetapi perlu dilakukan pula uji coba berulang sehingga produk yang dihasilkan lebih valid dan bisa dimanfaatkan. 12288 12288 12288 12288

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18528

Actions (login required)

View Item View Item