Anwar, Heri Andriyani (2014) Pengembangan model asesmen formatif berbantuan perangkat bergerak (mobile device) pada kompetensi dasar menganalisis cara kerja alat optik menggunakan sifat pencerminan dan pembiasan cahaya oleh cermin dan lensa / Heri Andriyani Anwar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Anwar Heri Andriyani. 2014. Pengembangan Model Asesmen Formatif Berbantuan Perangkat Bergerak (Mobile Device) pada Kompetensi Dasar Menganalisis Cara Kerja Alat Optik Menggunakan Sifat Pencerminan dan Pembiasan Cahaya oleh Cermin dan Lensa. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sentot Kusairi M.Si (II) Parno M.Si Kata Kunci asesmen formatif model asesmen formatif berbantuan perangkat bergerak alat optik 12288 12288 12288 Asesmen yang dilaksanakan guru pada saat ini belum memberikan balikan yang spesifik dalam waktu yang singkat kepada siswa. Kendala yang dialami guru adalah lamanya waktu koreksi dan analisis yang disebabkan oleh banyaknya jumlah siswa. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan model asesmen formatif berbantuan perangkat bergerak untuk mendukung pembelajaran fisika pada kompetensi dasar menganalisis cara kerja alat optik menggunakan sifat pencerminan dan pembiasan cahaya oleh cermin dan lensa serta mengukur kelayakan produk tersebut melalui uji validasi. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk validasi dan uji kualitas produk. Kegiatan validasi meliputi validasi butir soal dilaksanakan oleh guru dan validasi produk pengembangan dilaksanakan oleh guru dan dosen. Uji coba terbatas dilakukan pada 15 siswa SMAN 1 Campurdarat. Jenis data penelitian meliputi data kuantitatif berupa penilaian validator dan tanggapan siswa berdasarkan skala Likert serta data kualitatif berupa komentar dan saran yang diberikan oleh validator. Hasil analisis data kuantitatif menunjukkan bahwa dari 30 butir soal 28 diantaranya dalam kategori baik dan tidak memerlukan revisi sedangkan dua butir soal dalam kategori cukup baik dan telah direvisi. Model asesmen formatif ini mendapat kategori baik untuk 11 butir penilaian validasi namun ada satu butir penilaian mendapat kategori cukup baik dan telah direvisi. Produk juga telah direvisi berdasarkan data kualitatif yang meliputi komentar dan saran dari validator. Produk yang dihasilkan sudah dikatakan layak namun masih memerlukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut serta uji coba yang berulang agar lebih diketahui kualitas produk pengembangan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18526 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |