Sholihah, Mar'atus (2014) Pengembangan bahan ajar berbasis konstruktivisme dengan mengoptimalkan kecerdasan majemuk untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa SMP bab bunyi / Mar'atus Sholihah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sholihah Mar atus. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Konstruktivisme dengan Mengoptimalkan Kecerdasan Majemuk untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa SMP Bab Bunyi. Skripsi Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra Endang Purwaningsih M. Si (II) Drs. Winarto M. Pd. Kata kunci Konstruktivisme Kecerdasan Majemuk Bahan Ajar Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar 12288 12288 12288 12288 Siswa adalah pribadi yang unik mereka memiliki gaya belajar yang berbeda yang dipengaruhi oleh sembilan kecerdasan majemuk dengan persentase yang berbeda. Kenyataanya guru menggunakan metode pengajaran yang sama pada setiap siswa yang unik. Sehingga tidak memberdayakan potensi siswa siswa hanya pandai menghafal dan kemampuan berpikir kritis menurun. Berdasarkan hal-hal di atas seharusnya pembelajaran fisika di kelas memperhatikan gaya belajar siswa dan mengajak siswa untuk membangun sendiri pengetahuannya. Hal ini sulit dilakukan karena sulitnya untuk menemukan bahan ajar yang mengoptimalkan kecerdasan majemuk dan berbasis konstruktivisme. Mengingat pentingnya bahan ajar yang mengoptimalkan kecerdasan majemuk dan berbasis konstruktivisme maka peneliti mengembangkan bahan ajar yang berbasis konstruktivisme dengan mengoptimalkan kecerdasan majemuk untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar. 12288 12288 12288 12288 Pengembangan bahan ajar menerapkan model penelitian dan pengembangan Borg dan Gall yang dimodifikasi oleh Sukmadinata. Langkah penelitian dan pengembangan meliputi (1) studi pendahuluan terdiri dari studi pustaka survei dan penyusunan produk awal (2) pengembangan terdiri dari uji coba terbatas dan uji coba lebih luas dan (3) pengujian. Namun pada penenlitian ini hanya berhenti pada uji coba terbatas. Produk bahan ajar yang telah dikembangan divalidasi oleh ahli materi. Hasil penilaian saran dan komentar validator dijadikan dasar revisi. Bahan ajar yang telah direvisi diuji coba terbatas untuk mengetahui tingkat keterbacaan bahan ajar yang dikembangkan. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan kegiatan validasi dan uji coba terbatas diketahui bahwa bahan ajar yang dikembangkan sudah sangat valid. Hal ini terlihat dari nilai validasi bahan ajar yaitu 92 19% untuk kriteria umum 100% untuk kriteria khusus dan 100% untuk RPP dan silabus. Saran komentar dan kritikan validator selama proses validasi dijadikan sebagai acuan untuk merivisi bahan ajar. Produk bahan ajar yang dikembangkan memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah berbasis konstruktivisme mengoptimalkan sembilan kecerdasan majemuk didesain untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa dan berbentuk bahan ajar cetak sehingga dapat menjadi pegangan siswa.Sedangkan kelemahannya adalah video dan animasi pada bahan ajar sebagian besar masih memanfaatkan yang ada di internet belum sepenuhnya dikembangkan sendiri dan dibutuhkan biaya yang lebih tinggi untuk mencetak bahan ajar dan membutuhkan waktu yang lama.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18519 |
Actions (login required)
View Item |