Efektivitas model pembelajaran learning cycle 7E disertai resitasi terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XI MAN 3 Malang / Erni Febriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas model pembelajaran learning cycle 7E disertai resitasi terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XI MAN 3 Malang / Erni Febriana

Febriana, Erni (2014) Efektivitas model pembelajaran learning cycle 7E disertai resitasi terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XI MAN 3 Malang / Erni Febriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Febriana Erni. 2014. Efektivitas Model Pembelajaran Learning Cycle 7E disertai Resitasi terhadap Motivasi dan Pretasi Belajar Siswa Kelas XI MAN 3 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Wartono M.Pd (II) Drs. Asim M.Pd. Kata Kunci Learning Cycle 7E resitasi motivasi belajar prestasi belajar Pergeseran paradigma belajar menuntut pembelajaran yang menitikberatkan pada aktivitas siswa. Pembelajaran yang sesuai adalah pembelajaran yang bersifat student centereddengan melibatkan proses aktif dalam hal bertindak (hands-on) dan berfikir (mind-on). Banyak model pembelajaran yang cocok digunakan untuk membuat siswa aktif dalam pembelajaran fisika salah satunya adalah model pembelajaran Learning Cycle 7E disertai resitasi. Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mengetahui (1) apakah ada perbedaan motivasibelajar siswa yang dibelajarkanmenggunakan model pembelajaranLearning Cycle 7Edisertairesitasi dan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional (2)apakah motivasi belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E disertai resitasi lebih tinggi daripada model pembelajaran konvensional (3) apakah ada perbedaan prestasibelajar siswa yang dibelajarkanmenggunakan model pembelajaranLearning Cycle 7Edisertairesitasi dan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional dan (4) apakah prestasi belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E disertai resitasi lebih tinggi daripada model pembelajarn konvensional. Penelitian dilakukan menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA MAN 3 Malang. Sampel penelitian dipilih dengan cara diundi yang terdiri daridua kelas yaitu kelas XI IPA1 sebagai kelas kontroldan XI IPA2. Kelas kontrol diajar menggunakan model pembelajaran konvensional sedangkan kelas eksperimen diajar menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E disertai resitasi. Instrumen yang digunakan terdiri dari instrumen perlakuan dan pengukuran. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik inferensial. Uji hipotesis dianalisis menggunakan Independent Sample T- Test dilanjutkan dengan uji Tukey HSD. Berdasarkan hasil analisis data motivasi belajar siswa diperoleh thitung 6 280 2 002 (t(0 05 58)) dengan Qhitung 8 881 2 833 (Q(0 05 58 2))Berdasarkan hasil analisis data prestasi belajar siswa diperoleh thitung 2 083 2 002 (t(0 05 58)) dengan Qhitung 2 946 2 833 (Q(0 05 58 2)) . Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan motivasibelajar siswaantara kelas eksperimen dan kontrol (2)Motivasi belajar siswa di kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol (3) Ada perbedaan prestasibelajar siswa antara kelas kontrol dan eksperimen (4) Prestasi belajar siswa di kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18516

Actions (login required)

View Item View Item