Prawira, Baden Bagus (2014) Pengembangan model penilaian formatif formal berbantuan komputer untuk membantu pembelajaran dinamika rotasi / Baden Bagus Prawira. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Bagus Baden. 2013. Pengembangan Model Penilaian Formatif Formal Berbantuan Komputer untuk Membantu Pembelajaran Dinamika Rotasi. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sentot Kusairi M.Si (II) Drs. Sutarman M.Pd Kata Kunci penilaian formatif model penilaian formatif formal berbantuan komputer 12288 12288 12288 Penilaian yang dilaksanakan guru belum mampu memberikan balikan yang sesuai dalam waktu singkat kepada setiap siswa. Keterbatasan waktu adalah alasan mengapa penilaian formatif belum terlaksana dengan baik. Dibutuhkan waktu lama untuk dapat menganalisis dan memberikan balikan yang sesuai kepa-da setiap siswa. Keadaan ini membuat siswa menjadi kesulitan untuk menguasai suatu materi karena siswa tidak mampu mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Solusi yang dapat ditawarkan adalah dengan menggunakan alat bantu guru melakukan penilaian formatif yang dapat memberikan balikan yang sesuai kepada setiap siswa. Tujuan penelitian adalah menghasilkan produk yaitu model penilaian formatif formal berbantuan komputer pada materi dinamika rotasi serta mengukur kelayakan model penilaian formatif formal berbantuan komputer melalui uji validasi. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk penilaian validator dan uji kualitas produk oleh pengguna dalam uji coba terbatas. Kegiatan validasi meliputi validasi produk pengembangan dan validasi soal pilihan ganda sebagai komponen produk. Validasi dilaksanakan oleh dua orang dosen dan dua orang guru. Uji coba terbatas dilakukan pada 10 orang siswa kelas XI SMAN 1 Lawang. Jenis data penelitian meliputi data kuantitatif berupa penilaian validator dan tanggapan siswa berdasarkan skala Likert serta data kualitatif berupa komentar dan saran yang diberikan oleh validator. 12288 12288 12288 12288 Hasil dari analisis data kuantitatif menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan termasuk dalam kategori baik sehingga tidak memerlukan revisi yang signifikan. Berdasarkan data kualitatif produk telah direvisi berdasarkan komentar dan saran validator. Produk yang dihasilkan sudah dikatakan layak namun masih memerlukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut serta uji coba yang berulang agar lebih bisa dimanfaatkan dalam pembelajaran materi dinamika rotasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Feb 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18505 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |