Pengaruh persepsi siswa tentang efektivitas pembelajaran dan persepsi siswa tentang kompetensi profesional yang dimoderasi oleh efikasi diri (self efficacy) terhadap hasil belajar SMKN 1 Pujon / Dyah Ayu Dwi Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang efektivitas pembelajaran dan persepsi siswa tentang kompetensi profesional yang dimoderasi oleh efikasi diri (self efficacy) terhadap hasil belajar SMKN 1 Pujon / Dyah Ayu Dwi Lestari

Lestari, Dyah Ayu Dwi (2020) Pengaruh persepsi siswa tentang efektivitas pembelajaran dan persepsi siswa tentang kompetensi profesional yang dimoderasi oleh efikasi diri (self efficacy) terhadap hasil belajar SMKN 1 Pujon / Dyah Ayu Dwi Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kompetensi yang dimiliki guru belum sepenuhnya baik seharusnya guru memiliki penguasaan materi yang mendalam agar hasil belajar siswa lebih baik dan meningkat. Aktivitas belajar siswa sangat kurang siswa cenderung pasif dalam proses belajar dan guru juga sering tidak tepat waktu dalam memulai pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efektivitas belajar dan persepsi siswa tentang kompetensi prifesional yang dimoderasi oleh efikasi didri terhadap hasil belajar. Berdasarkan rumusan masalah penelitian penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksplanasi (explanatory research) yaitu penelitian ditujukan untuk memberikan penjelasan tentang hubungan antar fenomena atau variabel. Pada penelitian ini terdapat dua variabel bebas satu variabel terikat dan satu variabel moderasi. Variabel bebas adalah variabel yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab perubahannya variabel terikat. Penelitian ini terdiri atas variabel bebas (X) yang meliputi efektivitas belajar ( dan persepsi siswa tentang kompetensi profesional ( variabel terikat berupa hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi (Y) serta variabel moderasi berupa efikasi diri (Self Eficacy) (Z). Dari hasil penelitian yang ada dapat disimpulkan (1) Efikasi Diri memperkuat pengaruh antara efektivitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI akuntansi. Dengan dimoderasi Efikasi Diri yang baik maka efektivitas belajar siswa dapat meningkatkan hasil belajar yang lebih meningkat (2) Efikasi Diri memperkuat pengaruh antara persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa kelas XI akuntansi. Hal ini menunjukkan bahwa dengan persepsi siswa yang baik tentang kompetensi professional guru maka hasil belajar akan meningkat. Efikasi diri mampu memoderasi hubungan antara pengaruh persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru dan hasil belajar siswa. Karena jika seorang guru memiliki kompetensi yang baik efikasi diri (percaya diri) mampu meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/185007

Actions (login required)

View Item View Item