Pengaruh project based learning dengan pendektan STEAM terhadap ketrampilan berpikir kreatif peserta didik pada sub materi laporan keuangan / Lydia Christi Nikodimus - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh project based learning dengan pendektan STEAM terhadap ketrampilan berpikir kreatif peserta didik pada sub materi laporan keuangan / Lydia Christi Nikodimus

Nikodimus, Lydia Christi (2020) Pengaruh project based learning dengan pendektan STEAM terhadap ketrampilan berpikir kreatif peserta didik pada sub materi laporan keuangan / Lydia Christi Nikodimus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Model pembelajaran project based learning berbasis STEAM salah satu alternatif pembelajaran konstektual dan inovatif yang tetap memperhatikan ilmu pengetahuan itu sendiri. Model pembelajaran ini melatih peserta didik memecahkan masalah berdasarkan pengalaman kehidupan nyata yang dijadikan acuan dengan mengaplikasikan lima disiplin ilmu seperti sains teknologi teknik seni dan matematika. Melalui pemecahan masalah tersebut peserta didik belajar untuk mengkonstruksi (menambah merevisi atau memodifikasi) pengetahuan pemahaman kecakapan dan pengalaman yang baru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh project based learning dengan pendekatan STEAM terhadap ketrampilan berpikir kreatif peserta didik pada sub materi laporan keuangan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan nonrandomized control group pretest-postest design. Pelaksanaan penelitian di SMK Negeri 1 Turen. Sampel penelitian yaitu kelas X AKL 2 sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X AKL 3 sebanyak 31 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata ketrampilan berpikir kreatif antara kelas yang menggunakan model pembelajaran project based learning dengan pendekatan STEAMdengan model konvensional yang di uji dengan Uji T-Independet. Kelas yang menggunakan model pembelajaran project based learning dengan pendekatan STEAMmemiliki ketrampilan berpikir kreatif lebih tinggi daripada kelas yang menggunakan model konvensional. Dengan demikian penerapan model pembelajaran project based learning dengan pendekatan STEAMmempengaruhi ketrampilan berpikir kreatif meskipun pelaksanaanya dilaksanakan secara online. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyarankan penggunaan model pembelajaran project based learning berbasis STEAMsebagai salah satu alternatif guru ditengah pandemi untuk belajar daring. Model pembelajaran ini memberikan pengalaman belajar yang baru dan menarik dengan menggabungkan lima disiplin ilmu terutama teknologi. Namun guru perlu mempertimbangkan penggunaan media dan strategi pembelajaran yang tepat dan inovatif dalam mencapai tujuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/185006

Actions (login required)

View Item View Item