Rizqi, Anenda Citra (2020) Pengembangan media pembelajaran berupa buku saku digital untuk mata pelajaran etika profesi kelas X SMKN 12 Malang / Anenda Citra Rizqi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rizqi Anenda Citra. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buku Saku Digital Untuk Mata Pelajaran Etika Profesi Kelas X SMKN 12 Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Nujmatul Laily S.Pd. M.SA. Perkembangan teknologi saat ini sudah sangat pesat salah satu perkembangan teknologi yang bisa dilihat saat ini dalah perangkat mobile berupa handphone atau smartphone ataupun android. Dengan adanya perkembangan teknologi mobile tersebut akan dapat membantu perkembangan dalam dunia pendidikan pula salah satunya yaitu dengan mengembangkan sebuah media pembelajaran berupa buku saku digital yang dapat mendukung proses pembelajaran berlangsung sehingga lebih efektif. Kelebihan dari buku saku digital ini yaitu sangat mudah untuk digunakan baik bagi siswa maupun guru karena dapat digunakan dimana saja dan kapan saja. Adapun tujuan dari dikembangkan buku saku digital ini yaitu untuk mengetahui kelayakan serta keefektifan dari media pembelajaran yang telah dikembangkan. Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan Research and Development (R D) menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis (analisis) Design (desain) Development (pengembangan) Implementation (implementasi) and Evaluation (evaluasi).Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara observasi dan menggunakan angket/kuesioner. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Setelah dilakukan validasi selanjutnya dilakukan uji coba kepada 30 siswa kelas X sebagai kelas eksperimen sekaligus sebagai pengguna buku saku digital dengan 30 siswa kelas X AK 2 sebagai kelas kontrol untuk melihat kelayakan dan keefektivan bukus aku digital bagi siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh bahwa buku saku digital yang telah dikembangkan sudah memenuhi kriteria kelayakan baik menurut ahli materi maupun ahli media. Untuk peniliaian yang didapatkan dari ahli materi diperoleh nilai kelayakan dengan persentase 86 7% sedangkan dari ahli media diperoleh diperoleh nilai kelayakan sebesar 88 4%. Selain dari ke-2 validator dari siswa juga diperoleh nilai kelayakan sebesar 84 36%. Untuk melihat keefektifan buku saku digital dapat dilihat dari nilai yang telah diberikan kepada kelas eksperimen dan kelas kontro apakah terdapat perbedaan hasil belajar atau tidak.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan buku saku digital dengan yang tidak menggunakan buku saku digital nilai Asymp. Sig (2-tailed) 0 05 atau 0 010 0 05). Sehingga dapat dikatakan bahwa media pembelajaran yang telah dikembangkan berupa buku saku digital sudah efektif dan layak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Sep 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/184979 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |