Wulandari, Mimin (2020) Pengaruh pemahaman lesson study, soft skill, dan self efficacy terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa pendidikan akuntansi semester akhir Universitas Negeri Malang / Mimin Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wulandari Mimin. 2020. Pengaruh Pemahaman Lesson Study Soft Skill dan Self-Efficacy terhadap Kesiapan Menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Semester Akhir Universitas Negeri Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sunaryanto M.Ed. Kata Kunci Pemahaman Lesson Study Soft Skill Self-Efficacy Kesiapan Menjadi Guru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman lesson study soft skill dan self efficacy terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa pendidikan akuntansi semester akhir Universitas Negeri Malang. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan kesiapan mahasiswa menjadi guru. Guru yang dapat dikatakan sebagai tenaga pendidik profesional harus memenuhi empat kompetensi yaitu kompetensi pedagogi kompetensi kepribadian kompetensi profesional dan kompetensi sosial yang dapat diwujudkan dengan pemahaman lesson study. Kompetensi yang menjadi syarat bagi guru profesional mengindisikasikan bahwa sesama guru perlu saling belajar bersama. Selain itu untuk mengembangkan kompetensi-kompetensi tersebut guru ditekankan memiliki soft skill yang baik agar dapat meningkatkan kualitas seorang guru dalam mengajar. Maka dari itu self efficacy juga penting dalam menjalankan suatu tugas agar menuju kesuksesan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 144 mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi Angkatan 2016 Universitas Negeri Malang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik total sampling (sensus) yakni dengan menggunakan seluruh populasi sebagai sampel penelitian. Alat pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata pemahaman lesson study soft skill dan self efficacy pada mahasiswa masing-masing berada dalam kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian saran bagi mahasiswa yaitu guna meningkatkan kesiapan menjadi guru para mahasiswa perlu menyadari untuk lebih konsen dan memahami terhadap pemahaman lesson study serta para mahasiswa harus memiliki soft skill yang kuat untuk mengembangkan kualitas seorang calon guru dan self efficacy perlu ditingkatkan guna menjadi guru agar mudah mengerjakan setiap tugas yang diberikan sebagai seorang pendidik yang profesional.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Sep 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/184977 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |