Pengaruh dukungan sosial dengan emotional quotient sebagai variabel pemoderasi terhadap self regulated learning pada mahasiswa pendidikan akuntansi Universitas Negeri Malang / Weny Dwi Wijayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh dukungan sosial dengan emotional quotient sebagai variabel pemoderasi terhadap self regulated learning pada mahasiswa pendidikan akuntansi Universitas Negeri Malang / Weny Dwi Wijayanti

Wijayanti, Weny Dwi (2020) Pengaruh dukungan sosial dengan emotional quotient sebagai variabel pemoderasi terhadap self regulated learning pada mahasiswa pendidikan akuntansi Universitas Negeri Malang / Weny Dwi Wijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Self Regulated Learning merupakan pengaturan diri dalam belajar yang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut akan saling berinteraksi satu sama lain untuk mempengaruhi pembelajaran yang berkaitan dengan teori kognitif sosial dan kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh dukungan sosial terhadap self regulated learning (2) tingkat emotional quotient menghadapi skripsi mampu memoderasi pengaruh dukungan sosial terhadap self regulated learning. Rancangan dalam penelitian ini diawali dengan tahap pengumpulan data menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan Akuntansi yang sedang menyusun skripsi di Universitas Negeri Malang yang berjumlah 144 mahasiswa. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 106 mahasiswa yang diambil menggunakan metode simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan menggunakan skala likert untuk mengukur variabel-variabel penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dengan menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA) dengan bantuan SPSS for Windows versi 24.0 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dukungan sosial dengan emotional quotient berpengaruh positif terhadap self regulated learning hasil tersebut menunjukkan bahwa semakin meningkatknya presentase emotional quotient maka self regulated learning akan mengalami peningkatan. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti variabel lain yang dapat meningkatkan self regulated learning dan dapat melakukan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data secara triangulasi yang memperdalam penelitian mengenai strategi managing emotion saat merasakan kecemasan dalam belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/184976

Actions (login required)

View Item View Item