Pengembangan modul interaktif IPA terpadu berbasis 5E learning cycle pada tema energi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMP kelas VIII semester 2 / Nurul Firdausi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul interaktif IPA terpadu berbasis 5E learning cycle pada tema energi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMP kelas VIII semester 2 / Nurul Firdausi

Firdausi, Nurul (2013) Pengembangan modul interaktif IPA terpadu berbasis 5E learning cycle pada tema energi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMP kelas VIII semester 2 / Nurul Firdausi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Modul interaktif IPA Terpadu pada Tema Energi 5E Leaning Cycle Prestasi Belajar. Berdasarkan hasil penelitian sebelumnya ditemukan bahwa prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA cenderung rendah dikarenakan pembelajaran IPA belum dilaksanakan secara terpadu sesuai dengan standar isi mata pelajaran IPA SMP (Koes H 2010 49). Untuk mengatasi permasalahan tersebut dikembangkan modul interaktif IPA Terpadu berbasis 5E Learning Cycle pada tema energi dengan beberapa keistimewaan yang berbeda dengan produk sebelumnya antara lain (1) menggunakan pembelajaran tematik (2) modul berbasis komputer (3) dikembangkan dengan model 5E Learning Cycle (4) dilengkapi dengan virtual laboratory dan (5) menggunakan pengantar bahasa inggris. Diharapkan dengan modul interaktif ini prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA semakin meningkat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R D) yang mengacu pada Dick Carey and Carey (2009). Pengembangan terdiri dari tiga tahap yaitu tahap identifikasi tahap pengembangan dan tahap evaluasi serta revisi. Instrumen pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen evaluasi ahli dan kuesioner evaluasi satu-satu. Penilaian terhadap produk penelitian dilakukan dengan evaluasi ahli dan uji coba terbatas untuk mengetahui tingkat keterbacaan produk menurut pengguna. Data hasil penilaian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh berdasarkan penilaian pada instrumen evaluasi ahli dengan skala Likert . Data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian dideskripsikan sebagai berikut. Menurut ahli materi dan ahli media modul interaktif ini dinilai cukup layak digunakan dalam pembelajaran IPA. Sedangkan menurut guru IPA SMP modul dinilai layak untuk digunakan dalam pembelajaran IPA. Produk ini juga telah direvisi berdasarkan komentar dan saran para ahli dan pengguna. Hasil dari uji coba terbatas kepada siswa SMP menunjukkan bahwa penggunaan modul ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Produk pengembangan ini perlu ditindaklanjuti dengan uji coba secara eksperimental untuk mengetahui efektifitas penggunaan produk terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18478

Actions (login required)

View Item View Item