Pratiwi, Melva Aristy (2013) Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap prestasi belajar fisika ditinjau dari kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X MAN Malang 1 / Melva Aristy Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci PBL prestasi belajar fisika kemampuan berpikir kritis Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar peserta didik yang belajar dengan model Problem Based Learning (PBL) dibandingkan peserta didik yang belajar dengan cara konvensional. 2) Mengetahui ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar peserta didik. 3) Mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar peserta didik yang mempunyai kemampuan berpikir kritis tinggi jika belajar dengan model Problem Based Learning (PBL) dan yang belajar dengan model konvensional. 4) Mengetahui ada tidaknya perbedaan pres-tasi belajar peserta didik yang mempunyai kemampuan berpikir kritis rendah jika belajar dengan model Problem Based Learning (PBL) dan yang belajar dengan model konvensional. Rancangan penelitian yang digunakan adalah faktorial 2x2. Variabel bebas adalah model PBL dan model konvensional. Variabel terikat adalah prestasi bela-jar fisika. Variabel moderator adalah kemampuan berpikir kritis. Variabel kontrol adalah instrumen dan alokasi waktu yang digunakan selama pembelajaran. Popu-lasi yang diteliti dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X se-mester genap MAN Malang I tahun ajaran 2012/2013. Sampel yang diguna-kan pada penelitian ini adalah peserta didik dua kelas yaitu kelas X-D sebagai kelas eksperimen dan kelas X-E sebagai kelas kontrol. Prestasi belajar diukur dengan menggunakan tes objektif sedangkan kemampuan berpikir kritis diukur dengan tes essai. Instrumen tes terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas. Uji normalitas data dengan uji Lilliefors uji homogenitas data dengan Bartlett. Uji hipotesis menggunakan anava dua jalur dan dilanjutkan dengan uji Scheffe dengan taraf signifikansi 0 05 (p 0 05). Berdasarkan analisis data tersebut diperoleh empat simpulan hasil pene-litian sebagai berikut 1) Terdapat perbedaan prestasi belajar fisika antar siswa yang belajar dengan model PBL dan siwa yang belajar dengan model konven-sional. 2) Tidak terdapat interaksi antara model PBL dan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar fisika siswa. 3) Prestasi belajar fisika peserta didik dengan kemampuan berpikir kritis tinggi yang belajar dengan model PBL lebih tinggi daripada peserta didik dengan kemampuan berpikir kritis tinggi yang be-lajar dengan model konvensional. 4) Prestasi belajar fisika peserta didik dengan kemampuan berpikir kritis rendah yang belajar dengan model PBL lebih tinggi daripada peserta didik dengan kemampuan berpikir kritis rendah yang belajar dengan model konvensional.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18471 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |