Pengaruh model pembelajaran learning cycle 7E terhadap prestasi belajar fisika dan sikap ilmiah siswa kelas X SMAN 7 Malang / Binti Ni'matul Khoir - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran learning cycle 7E terhadap prestasi belajar fisika dan sikap ilmiah siswa kelas X SMAN 7 Malang / Binti Ni'matul Khoir

Khoir, Binti Ni'matul (2013) Pengaruh model pembelajaran learning cycle 7E terhadap prestasi belajar fisika dan sikap ilmiah siswa kelas X SMAN 7 Malang / Binti Ni'matul Khoir. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci learning cycle 7E prestasi belajar fisika sikap ilmiah Pergeseran paradigma pada proses belajar me ng a jar di Indonesia dari be ha-vioristik (teacher centered) menjadi kons truktivis (student centered) menuntut sis-wa untuk membangun pemahamannya sendiri. Salah satu model pembelajaran yang mengikuti teori konstruktivisme adalah learning cycle 7E. Penelitian ini ber-tu juan untuk mengetahui (1) apakah sikap ilmiah siswa yang dibelajarkan dengan mo del pembe la jaran lear ning cycle 7E lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembe la ja ran direct instruction (2) apakah pres ta-si belajar fisika siswa yang dibelajarkan dengan mo del pem be la ja ran learning cy cle 7E lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang di be la jar kan dengan model pem -belajaran direct instruction. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental semu. Po-pu lasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMAN 7 Malang. Teknik sam pel menggunakan purposive sam pling satu kelas sebagai kelas eksperimen se-dang kan yang satunya sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian menggunakan lem bar penilaian sikap ilmiah dan tes pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan ANAVA satu ja lur yang dilanjutkan dengan uji Tukey HSD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sikap ilmiah siswa yang di be la jar-kan dengan model pembe la ja ran learning cy cle 7E lebih tinggi dibandingkan de -ngan siswa yang dibelajarkan dengan mo del pembela ja ran direct instruction (2) pres tasi belajar fisika siswa yang dibelajarkan dengan model pem be la jaran lear ning cycle 7E lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan de ngan mo del pem belajaran direct instruction. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18466

Actions (login required)

View Item View Item