Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas X-H MAN Malanb 1 / Nurul Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas X-H MAN Malanb 1 / Nurul Azizah

Azizah, Nurul (2013) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas X-H MAN Malanb 1 / Nurul Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Kemampuan Kognitif. Berdasarkan fakta ditemukan bahwa terdapat pemasalahan kemampuan kognitif bagi siswa kelas X-H MAN Malang 1. Hal ini terlihat dari rata-rata nilai siswa pada ulangan harian pertama untuk ranah kognitif yaitu 68 5 dan masih banyak siswa (67%) yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah. KKM yang ditetapkan MAN Malang 1 untuk mata pelajaran Fisika adalah 75. Salah satu model pembelajaran yang dapat memperbaiki proses pembelajaran di kelas X-H tersebut adalah model inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa mulai dari ranah C1 sampai dengan C6. Kemampuan kognitif tersebut dapat dilihat dari hasil tes kemampuan kognitif yaitu mulai dari ranah C1 sampai dengan C6. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus tiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Masing-masing siklus mempunyai 4 tahapan yaitu (1) planning (perencanaan) (2) action (tindakan) (3) observation (pengamatan) dan (4) reflection (refleksi). Subyek penelitian adalah siswa kelas X-H MAN Malang 1 tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah 30 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui pemberian tes kemampuan kognitif dalam bentuk pilihan ganda dan uraian serta lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran fisika model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas X-H MAN Malang 1. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persentase rata-rata keterlaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan dari 86 2% menjadi 97 4%. Hasil belajar siswa pada aspek kognitif pada siklus I siswa yang lulus KKM sebesar 77% dan meningkat menjadi 90% pada siklus II. Persentase peningkatan kemampuan kognitif siswa dari siklus I ke siklus II yaitu ranah pengetahuan (C1) mengalami peningkatan persentase dari 89 85% menjadi 90% ranah pemahaman (C2) juga mengalami peningkatan persentase dari 85 85% menjadi 93 15% ranah penerapan (C3) mengalami peningkatan persentase dari 78 25% menjadi 81 1% ranah analisis (C4) mengalami peningkatan persentase dari 83% menjadi 97% ranah evaluasi (C5) mengalami penurunan persentase dari 79% menjadi 76 5% dan ranah mencipta (C6) mengalami peningkatan persentase dari 73% menjadi 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas X-H MAN Malang 1.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18464

Actions (login required)

View Item View Item