Prayugi, Aning Esty (2013) Pengembangan modul tutorial interaktif berbasis scaffolding pada materi listrik statis untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika dasar II mahasiswa fisika / Aning Esty Prayugi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Prayugi Aning E. 2013. Pengembangan Modul Tutorial Interaktif Berbasis Scaffolding pada Materi Listrik Statis untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Dasar II Mahasiswa Fisika. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Supriyono Koes Handayanto M.Pd M.A (II) Dr. Sentot Kusairi S.Pd M.Si Kata Kunci modul tutorial interaktif scaffolding penguasaan konsep. Kurangnya kompetensi calon guru fisika memberikan dampak yang besar terhadap proses dan hasil pembelajaran fisika. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya penguasaan calon guru terhadap konsep konsep fisika dasar. Banyaknya materi yang disampaikan pada matakuliah fisika dasar menuntut mahasiswa untuk belajar mandiri sehingga diperlukan pengembangan modul tutorial yang berbasis scaffolding untuk menuntun mahasiswa belajar secara mandiri. Berdasarkan hasil penelitian sebelumnya ditemukan bahwa penguasaan konsep mahasiswa pada materi listrik statis rendah sehingga perlu dikembangkan modul tutorial interaktif berbasis scaffolding pada materi listrik statis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan rancangan pengembangan Borg dan Gall (1996). Instrumen pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Penilaian terhadap produk penelitian dan pengembangan adalah validasi dan uji coba terbatas untuk mengetahui kualitas produk oleh pengguna. Data hasil penilaian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh berdasarkan penilaian pada angket validator dan subjek uji coba terbatas dengan skala Likert. Data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran validator. Validator berasal dari dosen ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk termasuk dalam kriteria baik sehingga perlu sedikit revisi. Berdasarkan data kualitatif produk telah dilakukan revisi sesuai dengan komentar dan saran validator ahli media. Produk pengembangan perlu ditindaklanjuti dengan uji coba lebih luas untuk mengetahui efektifitas penggunaan produk.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18446 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |