Pengembangan bahan ajar CAI (Computer Assisted Instruction) fisika berbasis masalah untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis fisika kelas X / Nurhayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar CAI (Computer Assisted Instruction) fisika berbasis masalah untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis fisika kelas X / Nurhayati

Nurhayati (2013) Pengembangan bahan ajar CAI (Computer Assisted Instruction) fisika berbasis masalah untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis fisika kelas X / Nurhayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Bahan ajar CAI Fisika berbasis masalah kemampuan berpikir kritis Kompetensi abad 21 menghendaki pembelajaran yang menuntun siswa untuk berkemampuan kreatif inovatif berpikir kritis. Dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dibutuhkan bahan ajar. Bahan ajar yang beredar di pasaran masih kurang sesuai untuk mendukung pembelajaran yang demikian. Oleh sebab itu diperlukan penelitian pengembangan terhadap bahan ajar Fisika. Penelitian ini dilaksanakan untuk menghasilkan produk yaitu bahan ajar CAI (Computer Assisted Instruction) Fisika untuk SMA Kelas X serta menguji kelayakan bahan ajar tersebut melalui uji validasi. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan. Instrumen yang digunakan adalah angket yang diisi oleh ahli (Dosen dan Guru). Validasi oleh ahli ditujukan untuk mengukur kelayakan materi dan media. Selain itu dilakukan pula uji coba lapangan terhadap keterbacaan bahan ajar yang dikembangkan kepada 9 siswa SMA kelas X yang telah menempuh materi optik geometri dan alat optik. Data yang diperoleh dari hasil uji validasi serta uji coba lapangan terhadap keterbacaan menghasilkan data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil pengisian angket oleh ahli materi dan media. Data kualitatif diperoleh dari saran yang diberikan oleh para ahli serta uji coba lapangan terhadap keterbacaan oleh siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahan ajar yang dihasilkan termasuk dalam kategori cukup layak dari segi materi dan media. Bahan ajar belum dapat digunakan dalam pembelajaran dikelas. Bahan ajar CAI ini perlu diuji secara lebih lanjut yaitu dengan adanya uji empirik terhadap bahan ajar CAI (Computer Assisted Instruction). Uji empirik ini dapat dilakukan melalui uji pelaksanaan lapangan penyempurnaan produk akhir serta diseminasi/ penyebaran dan implementasi/ digunakan dalam pembelajaran kelas. Kelebihan dari bahan ajar CAI (Computer Assisted Instruction) yang dikembangkan antara lain disusun berdasarkan kurikulum KTSP SMA dan disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan siswa dan guru menyajikan permasalahan diawal dan terdapat lembar aktivitas untuk membuktikan hipotesis yang telah dituliskan. Kekurangan dari bahan ajar antara lain lembar aktivitas tidak dapat dilakukan di dalam software CAI membutuhkan perangkat khusus yakni komputer sehingga pengguna menjadi lebih terbatas jumlah latihan kurang serta ruang lingkup materi terbatas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18437

Actions (login required)

View Item View Item