Ningtiyas, Sri Astutik (2013) Penerapan model pembelajaran Problem Posing untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas X-5 SMA BRAWIJAYA SMART SCHOOL Malang pada pokok bahasan GLB dan GLBB / Sri Astutik Ningtiyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci problem posing kemampuan komunikasi prestasi belajar Hasil pengamatan dan wawancara menunjukkan bahwa pada umumnya proses pembelajaran fisika di kelas X-5 SMA Brawijaya Smart School Malang menggunakan metode ceramah diskusi dan demonstrasi. Kemampuan komunikasi siswa masih rendah hal ini ditunjukkan oleh fakta bahwa masih banyak siswa yang kurang memperhatikan saat temannya sedang presentasi tidak memberikan pendapat dan tanggapan. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata afektif yang masih rendah salah satunya adalah bab besaran dan satuan nilai rata-rata afektif sebesar 62. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan hanya 38 5% siswa pada mata pelajaran fisika bab besaran dan satuan yang memperoleh nilai sesuai dengan KKM yang telah ditentukan sekolah yaitu sebesar 75. Salah satu upaya untuk memecahkan permasalahan tersebut diterapkan suatu pembelajaran berbasis konstruktivisme yaitu pembelajaran model problem posing. Selain dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa model ini juga dapat meningkatkan prestasi belajar fisika siswa. Tahapan dalam problem posing adalah melatih siswa untuk lebih berani menyampaikan pikiran dan perasaan melatih siswa untuk bisa memahami dan memberi dukungan kepada orang lain dan melatih siswa untuk mampu mengungkapkan diri. Oleh karena itu diharapkan model pembelajaran problem posing dapat terlaksana dengan baik dan mampu meningkatkan kemampuan komunikasi dan prestasi belajar fisika siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) penelitian ini berlangsung dalam dua siklus pada kelas X-5 SMA BSS Malang yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan catatan lapangan lembar observasi dan tes. Analisis data dalam penelitian ini bersifat kualitatif (berupa kata atau kalimat) dan kuantitatif (berupa angka). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan proses keterlaksanaan pembelajaran dari siklus I sebesar 73 3% (dalam kriteria cukup) mejadi 96 7% (dalam kriteria sangat baik) pada siklus II. Untuk kemampuan komunikasi siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 72 1% dengan kriteria cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 85 6% dengan kriteria baik. Sementara untuk prestasi belajar fisika juga mengalami peningkatan pada siklus I rata-rata nilai sebesar 74 0 dan pada siklus II naik menjadi 91 2. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran problem posing dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas X-5 SMA BSS Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Feb 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18429 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |