Martin, Alesa (2013) Pengaruh model pembelajaran pemecahan masalah berbasis konsep dan kemampuan analisis terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas Xl SMA Brawijaya Smart School Malang / Alesa Martin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Pemecahan masalah berbasis konsep kemampuan ansalisis prestasi belajar. Penelitian ini di latarbelakangi hasil studi observasi di salah satu SMA swasta di kota Malang yang menunjukkan kemampuan analisis siswa masih kurang dengan indikasi rendahnya nilai ulangan harian akibat kurang terlatih dalam mengembangkan kemampuan bernalar dan analisis untuk memecahkan permasalahan. Untuk minimalkan hal yang ditemukan oleh peneliti saat observasi diperlukan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam mengembangkan kemampuan analisis. Salah satu alternatif yang digunakan adalah model pembelajaran pemecahan masalah berbasis konsep. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besar pengaruh kemampuan analisis terhadap prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran pemecahan masalah berbasis konsep. Desain penelitian ini adalah eksperimental semu dengan rancangan penelitian Pretest-Postest Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMA Brawijaya Smart School Malang pada bulan Oktober-November 2012 dengan menggunakan 2 kelas kelas XI IPA3 sebagai kelas yang belajar dengan pembelajaran pemecahan masalah berbasis konsep dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk penelitian mencakup perangkat observasi kelas tes prestasi belaj ar tes kemampuan analisis skenario pembelajaran lembar kerja siswa dan lembar kerja pemecahan masalah. Data penelitian ini berupa data prestasi belajar dan data kemampuan analisis siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi terhadap data prestasi belajar dan data kemampuan analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan analisis siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran pemecahan masalah berbasis konsep lebih baik dari kemampuan analisis siswa yang belajar secara konvensional. Besar pengaruh yang menunjukkan sumbangan efektif kemampuan analisis kelas eksperimen terhadap prestasi belajar siswa adalah 49 6% dan sumbangan efektif kemampuan analisis terhadap prestasi belajar siswa pada kelas kontrol 20 4%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Feb 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18428 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |