Hapsari, Rizki Anas (2012) Efektivitas penggunaan model Problem Based Learning (PBL) - Team Game Tournamen (TGT) terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 5 Malang / Rizki Anas Hapsari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci prestasi belajar problem based learning team game tournament Sistem pendidikan Indonesia telah mengalami perubahan. Saat ini pemerintah hanya memberikan kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa sehingga setiap sekolah memiliki kesempatan besar untuk mengembangkannya. Hal itu dilakukan agar potensi yang ada dalam diri siswa dapat tersalurkan dengan baik. Dalam mengimbangi perkembangan itu guru harus mampu melaksanakan pembelajaran dengan baik yaitu dengan memanfaatkan model pembelajaran yang berpusat pada siswa. Model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah PBL dan TGT. Kedua model pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran yang mampu mewadahi siswa dalam mengembangkan potensi yang mereka miliki. Apabila keduanya dipadukan maka diharapkan manfaat positif dari setiap model pembelajaran tersebut dapat diperoleh dalam waktu bersamaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan model PBL-TGT terhadap pencapaian prestasi belajar fisika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 5 Malang. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas Satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Pemilihan sampel dilakukan dengan random agar setiap kelas memiliki kesempatan yang sama untuk terpilih menjadi sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah RPP LKS dan soal tes kemampuan kognitif. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah data kemampuan awal siswa dan data prestasi belajar fisika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t dengan sampel independen. Hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat perbedaan pencapaian prestasi belajar fisika antara siswa yang belajar dengan model PBL-TGT dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Selanjutnya dari harga rerata posttest diketahui bahwa 87.77 77.64 ( ). Dengan demikian disimpulkan bahwa prestasi belajar fisika siswa yang belajar dengan model PBLTGT lebih tinggi dibandingkan prestasi belajar fisika siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Jadi penggunaan model PBL-TGT dalam pembelajaran fisika lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18395 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |