Pengembangan bahan ajar berbasis masalah untuk mendukung pembelajaran fisika kelas X SBI/RSBI dengan tema optika geometri dan alat optik / Aminatur Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis masalah untuk mendukung pembelajaran fisika kelas X SBI/RSBI dengan tema optika geometri dan alat optik / Aminatur Rahmawati

Rahmawati, Aminatur (2012) Pengembangan bahan ajar berbasis masalah untuk mendukung pembelajaran fisika kelas X SBI/RSBI dengan tema optika geometri dan alat optik / Aminatur Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Bahan Ajar Fisika Berbasis Masalah RSBI Optika Geometri dan Alat Optik. Bahan ajar merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan proses pembelajaran. Setiap mata pelajaran pada tiap satuan pendidikan memerlukan bahan ajar tidak terkecuali SBI/RSBI. Bahan ajar berbasis masalah sangat sesuai untuk diterapkan di SBI/RSBI. Hal ini sesuai dengan kriteria proses pembelajaran RSBI yang tercantum dalam panduan RSMABI (2009) 20% pelaksanaan pembelajaran bilingual RSBI dirancang secara terintegrasi dan berbasis masalah (integrated and problem-based instruction) . Bahan ajar yang beredar di pasaran untuk program SBI/RSBI ternyata masih kurang sesuai untuk mendukung pembelajaran di kelas SBI/RSBI. Sebagian besar bahan ajar yang ada di pasaran lebih menekankan pada uraian materi daripada aplikasi dan kurang kontekstual karena tidak menyajikan fenomena yang dekat dengan lingkungan dan kehidupan sehari-hari siswa. Hal ini mengakibatkan siswa kurang bisa mengkorelasikan konsep fisika dengan permasalahan sehari-hari. Oleh karena itu diperlukan penelitian pengembangan bahan ajar Fisika yang sesuai dengan kriteria SMA program SBI/RSBI. Penelitian ini dilaksanakan untuk menghasilkan produk yaitu bahan ajar Fisika untuk SMA program SBI/RSBI serta menguji kelayakan bahan ajar tersebut melalui uji validasi. Bahan ajar yang dihasilkan adalah bahan ajar Fisika untuk siswa SMA kelas X program SBI/RSBI berbasis masalah pokok bahasan Optika Geometri dan Alat Optik. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (Research and Development). Instrumen yang digunakan adalah angket yang diisi oleh ahli (Guru dan Dosen). Validasi oleh ahli ditujukan untuk mengukur kelayakan isi dan penyajian isi. Data kualitatif diperoleh dari kritik dan saran dari para ahli dan siswa pengguna. Hasil dari analisis data kuantitatif yang diperoleh menunjukan bahwa bahan ajar yang dihasilkan termasuk dalam kategori valid sehingga tidak perlu adanya revisi yang berarti. Namun berdasarkan data kualitatif bahan ajar ini telah direvisi pada bagian-bagian tertentu antara lain sistematika penulisan gambar penunjang materi dan jenis maupun ukuran huruf yang digunakan. Meskipun bahan ajar ini termasuk dalam kategori valid namun bahan ajar ini belum bisa digunakan pada pembelajaran. Bahan ajar ini perlu diuji secara lebih lanjut dengan cara menerapkan bahan ajar ini dalam pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18391

Actions (login required)

View Item View Item