Penerapan pembelajaran kontekstual model react sebagai upaya meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas VIII C SMP Negeri 4 Malang / Dwi Reni Ridhowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kontekstual model react sebagai upaya meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas VIII C SMP Negeri 4 Malang / Dwi Reni Ridhowati

Ridhowati, Dwi Reni (2012) Penerapan pembelajaran kontekstual model react sebagai upaya meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas VIII C SMP Negeri 4 Malang / Dwi Reni Ridhowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci kontekstual REACT kognitif psikomotor afektif Berdasarkan hasil wawancara dan observasi di kelas VIII C SMP Negeri 4 Malang diperoleh permasalahan bahwa hasil belajar siswa rendah. Penilaian yang dilakukan guru selama ini lebih cenderung pada kemampuan kognitif saja kemampuan psikomotor dan afektif siswa jarang dinilai. Model pembelajaran REACT dapat memberikan penilaian pada ketiga aspek tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Tindakan yang diberikan adalah Penerapan Pembelajaran Kontekstual Model REACT. Penelitian dilakukan pada semester genap SMP Negeri 4 Malang dengan subjek penelitian kelas VIII C jumlah 36 siswa. Instrumen penilaian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi untuk mengukur keterlaksanaan pembelajaran lembar penilaian afektif dan lembar penilaian psikomotor. Hasil belajar ranah kognitif siswa diukur dengan menggunakan instrumen penilaian berupa tes tertulis. Hasil yang didapatkan dari pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Keterlaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 88 40% menjadi 98 15% pada siklus II. Ketuntasan hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 42 86% menjadi 75 76% pada siklus II. Ketuntasan hasil belajar psikomotor siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 88 41% menjadi 98 12% pada siklus II. Dan ketuntasan hasil belajar afektif siswa meningkat dari siklus I 80 02% menjadi 97 99% pada siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran REACT dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18365

Actions (login required)

View Item View Item