Septiana, Artika (2012) Penerapan model pembelajaran inquiry training untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis da keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA 6 SMAN 3 Malang / Artika Septiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Inquiry Training Berpikir Kritis Keterampilan Proses Sains Berdasarkan wawancara siswa jarang melakukan demonstrasi atau praktikum sehingga keterampilan proses sains siswa rendah. Selain itu berdasarkan ketentuan dari Depdiknas kemampuan berpikir kritis merupakan aspek yang perlu mendapatkan penekanan dalam pembelajaran terutama di sekolah yang bertaraf internasional seperti SMA Negeri 3 Malang. Model pembelajaran yang cocok untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains adalah inquiry training. Penelitian tindakan kelas pada penelitan ini menggunakan model Kemmis Mc taggart. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus tiap siklus dilaksanakan dalam empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 6 yang berjumlah 30. Materi yang digunakan adalah fluida dengan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk mengukur keterlaksanaan pembelajaran keterampilan proses sains dan catatan lapangan kemampuan berpikir kritis siswa diukur dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes uraian. Hasil yang didapatkan dari pelaksanaan penelitian ini adalah siswa lebih aktif dalam bertanya mengajukan hipotesis menginterpretasikan data mengkomukasikan menyimpulkan dan berusaha menemukan konsep dari fakta yang ada berdasarkan hasil eksperimen. Keterlaksanan pembelajaran menggunakan inquiry training meningkat dari 83.82% menjadi 92.79%. Kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dari 2.54% menjadi 3.21%. Keterampilan proses sains siswa meningkat dari 76.90% menjadi 87.55%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran inquiry training dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18364 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |