Pengembangan bahan ajar Fisika pokok bahasan getaran dan gelombang untuk menunjang pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sooko Mojokerto / Iva Sa'id Dwi Febri Anita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar Fisika pokok bahasan getaran dan gelombang untuk menunjang pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sooko Mojokerto / Iva Sa'id Dwi Febri Anita

Anita, Iva Sa'id Dwi Febri (2012) Pengembangan bahan ajar Fisika pokok bahasan getaran dan gelombang untuk menunjang pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sooko Mojokerto / Iva Sa'id Dwi Febri Anita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Bahan ajar pembelajaran berbasis masalah getaran dan gelombang. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) merupakan kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. Dengan diberlakukannya KTSP guru dituntut agar lebih kreatif untuk mengembangkan suatu perangkat pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dianggap bagus dan layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran adalah pembelajaran aktif inovatif kreatif efektif dan menyenangkan. Metode PAIKEM merupakan metode yang sangat mengerti dan memahami kondisi siswa maka dari itu banyak hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan PAIKEM salah satunya ialah mengembangkan kemampuan berpikir kritis kreatif dan kemampuan memecahkan masalah. Berdasarkan hal itulah maka dikembangkan bahan ajar berbasis masalah yang cocok diterapkan didalam metode pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berorientasi pembelajaran berbasis masalah pada materi getaran dan gelombang untuk SMP kelas VIII agar mempermudah siswa dalam mempelajari konsep getaran dan gelombang. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan produk dan mengetahui karakteristik produk yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan dengan langkah-langkah meliputi tahap penelitian dan pengumpulan data perencanaan pengembangan produk awal uji coba lapangan awal dan revisi produk akhir. Penelitian ini menggunakan teknik validasi isi yang dilakukan oleh validator yang berasal dari pihak dosen dan guru sebagai ahli serta dilakukan uji coba awal terhadap siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang disertai rubrik. Jenis data penelitian meliputi data kuantitatif berupa penilaian validator berdasarkan Skala Likert dan data kualitatif berdasarkan komentar dan saran dari validator. Produk akhir dari pengembangan bahan ajar ini adalah bahan ajar berorientasi pembelajaran berbasis masalah pada materi getaran dan gelombang. Berdasarkan hasil analisis data produk akhir yang dihasilkan sudah memenuhi kriteria layak dan sudah direvisi pada beberapa bagian berdasarkan komentar dan saran dari validator. Produk akhir yang dihasilkan memiliki karakteristik yang berbeda dari bahan ajar yang lain diantaranya setiap awal materi diawali pembahasan yang memotivasi belajar siswa dan pertanyaan-pertanyaan sederhana terdapat kata mutiara di setiap halaman setiap pembahasan diperjelas dengan gambar pembahasannya sederhana dan mudah dimengerti siswa terdapat Web Link serta desain isi lebih menarik dan full colour.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18356

Actions (login required)

View Item View Item