Dampak implementasi model pembelajaran problem based - learning (PBL) trehadap prestasi belajar optika geometrik mata kuliah fisika dasar II ditinjau dari kerja ilmiah mahasiswa program pendidikan fisika - FMIPA Universitas Negeri Malang angkatan 2011 / Rulisa Qurrata A - Repositori Universitas Negeri Malang

Dampak implementasi model pembelajaran problem based - learning (PBL) trehadap prestasi belajar optika geometrik mata kuliah fisika dasar II ditinjau dari kerja ilmiah mahasiswa program pendidikan fisika - FMIPA Universitas Negeri Malang angkatan 2011 / Rulisa Qurrata A

A'yun, Rulisa Qurrata (2012) Dampak implementasi model pembelajaran problem based - learning (PBL) trehadap prestasi belajar optika geometrik mata kuliah fisika dasar II ditinjau dari kerja ilmiah mahasiswa program pendidikan fisika - FMIPA Universitas Negeri Malang angkatan 2011 / Rulisa Qurrata A. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci model pembelajaran PBL prestasi belajar kognitif kerja ilmiah Mata Kuliah Fisika Dasar merupakan salah satu mata kuliah wajib mahasiswa tahun pertama di FMIPA Universitas Negeri Malang yang secara langsung didukung oleh mata kuliah praktikum fisika dasar. Pemisahan mata kuliah teori dan praktikum memiliki kelebihan yaitu sebagai calon guru fisika menjadi lebih berkonsentrasi pada teori dan kegiatan praktikum dengan tanggung jawab besar karena kuliah materi dan kegiatan praktikum memiliki nilai tersendiri namun juga memiliki kelemahan yaitu materi yang disajikan pada kuliah teori cenderung berupa informasi dosen cenderung menuntaskan materi yang ada pada silabi perkuliahan fisika dasar tidak merupakan proses aktif dari inkuiri dimana dosen dan mahasiswa dapat berpartisipasi sehingga mahasiswa mengalami kesulitan belajar dalam menguasai konsep fisika dan dalam memecahkan masalah fisika. Model pembelajaran yang mampu merubah cara berfikir mahasiswa adalah model pembelajaran Problem Base-Learning (PBL). Pembelajaran PBL terdiri dari lima tahap yaitu orientasi masalah organisasi masalah investigasi mandiri penyajian hasil karya dan evaluasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penerapan model tersebut terhadap prestasi belajar ditinjau dari kerja ilmiah mahasiswa pendidikan fisika- FMIPA UM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian posttest only control group. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan fisika-FMIPA UM angkatan 2012. Proses penentuan sampel penelitian dengan purposive sampling dan dipilih kelas BB dan CC. Kelas BB dengan jumlah siswa 36 ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas CC dengan jumlah siswa 36 ditetapkan sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen pembelajaran dilakukan dengan model PBL dan kelas kontrol pembelajaran dilakukan dengan pembelajaran konvensional metode ceramah dan tanya jawab. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji ANAVA dua jalur dan uji lanjutan Tukey s HSD. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan maka diperoleh suatu kesimpulan bahwa prestasi belajar antar kelompok kerja ilmiah tinggi kelas kontrol dan eksperimen tidak memiliki perbedaan sedangkan prestasi belajar kelompok kerja ilmiah rendah kelas eksperimen lebih baik dari kerja ilmiah rendah kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18355

Actions (login required)

View Item View Item