Astriya, Ervina Vidia (2012) Implementasi Model pembelajaran arias (assurance, relevance, interest, assesment, dan Satisfaction) untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika dan kualitas pembelajaran fisika siswa kelas VII-E semester genap tahun Pelajaran 2011/2012 SMP Muhammdiyah 08 Batu / Ervina Vi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Model pembelajaran ARIAS Pemahaman konsep kualitas pembelajaran. Hasil observasi di kelas VII-E SMP Muhammadiyah 08 Batu menunjukkan kurangnya pemahaman konsep siswa. Hal ini terbukti siswa belum mampu mengaplikasikan konsep fisika dalam kegiatan praktikum menjelaskan fenomena teknologi di sekitar siswa dengan konsep fisika yang telah dipelajari. Guru sebagai mediator dalam proses pembelajaran telah menerapkan berbagai metode salah satunya inquiri terbimbing untuk membantu siswa dalam praktikum dan metode drama untuk memotivasi siswa. Tetapi kedua metode yang digunakan tidak berjalan maksimal sehingga kualitas pembelajaran kurang. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kualitas pembelajaran fisika. Kelas VII-E membutuhkan suatu model yang dapat menanamkan rasa percaya diri menunjukkan hubungan antara materi pelajaran dan kenyataan selain mampu menarik perhatian juga dapat memelihara perhatian siswa melakukan evaluasi untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan pembelajaran dan menunjukkan rasa bangga agar siswa termotivasi untuk lebih baik. Maka peneliti menerapkan model pembelajaran ARIAS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu sebuah penelitian kolaboratif dengan pihak lain seperti guru siswa dan pihak sekolah yang lain untuk menciptakan kinerja sekolah yang lebih baik. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan serta menjelaskan kenyataan di lapangan. Hasil penelitian yang menerapkan model pembelajaran ARIAS menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep dan kualitas belajar fisika. Hal ini ditunjukkan untuk pemahaman konsep pada siklus I mencapai 68.43% mengalami kenaikan 14.16% menjadi 82.59% pada siklus II. Kualitas pembelajaran yang mencakup tiga aspek motivasi belajar siswa aktivitas siswa dan prestasi belajar. Pada aspek motivasi belajar siswa siklus I mencapai 84.09% mengalami kenaikan sebesar 4.60% menjadi 88.69% pada siklus II. Aspek aktivitas siswa pada siklus I mencapai 79.32% mengalami kenaikan sebesar 8.18% menjadi 87.50% pada siklus II. Prestasi belajar pada siklus I nilai rata-rata mencapai 76.97 dengan ketuntasan siswa sebanyak 23 anak dari 33 anak dengan persentase 69.67%. Pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata menjadi 77.27 jumlah siswa yang tuntas sebanyak 25 siswa dari 33 siswa dengan persentse 75.76%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18354 |
Actions (login required)
View Item |