Penerapan model siklus belajar hipotetikal deduktif untuk meningkatkan pemahaman konsep dan ketrampilan generik sains siswa kelas VIII-D semester II SMP Negeri 1 Bungah Gresik pada tahun ajaran 2011/2012 / Emi Fardatin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model siklus belajar hipotetikal deduktif untuk meningkatkan pemahaman konsep dan ketrampilan generik sains siswa kelas VIII-D semester II SMP Negeri 1 Bungah Gresik pada tahun ajaran 2011/2012 / Emi Fardatin

Fardatin, Emi (2012) Penerapan model siklus belajar hipotetikal deduktif untuk meningkatkan pemahaman konsep dan ketrampilan generik sains siswa kelas VIII-D semester II SMP Negeri 1 Bungah Gresik pada tahun ajaran 2011/2012 / Emi Fardatin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Siklus Belajar Hipotetikal Deduktif Pemahaman Konsep Keterampilan Generik Sains. Dalam siklus belajar hipotetikal deduktif siswa belajar mulai dengan pernyataan berupa pertanyaan sebab . Siswa diminta untuk merumuskan kemungkinan jawaban (hipotesis) atas pernyataan tersebut. Kemudian siswa diminta untuk menurunkan konsekuensi-konsekuensi logis dari hipotesis dan merencanakan serta melakukan eksperimen (eksplorasi). Analisis hasil eksperimen menyebabkan beberapa hipotesis ditolak sedang yang lainnya diterima (pengenalan konsep). Akhirnya konsep-konsep yang relevan dan pola-pola penalaran yang terlibat dan didiskusikan diterapkan pada situasi yang lain dikemudian hari (aplikasi konsep). Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan generik sains siswa dengan menggunakan model siklus belajar hipotetikal deduktif Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan alur pelaksanaan tindakan mengacu pada model Kemmis Mc Taggart yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus pada kelas VIII-D SMP Negeri 1 Bungah Gresik yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan catatan lapangan lembar observasi dan tes. Analisis data dalam penelitian ini bersifat kualitatif (berupa kata atau kalimat) dan kuantitatif (berupa angka). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I berlangsung baik kemudian pada siklus II taraf keterlaksanaan pembelajaran meningkat menjadi sangat baik. (2) Pemahaman konsep siswa meningkat dari jenjang kognitif C1 (mengingat) sampai C4 (menganalisis). (3) Keterampilan generik sains siswa berhasil ditumbuhkan yaitu pengamatan langsung pengamatan tak langsung bahasa simbolik dan pemodelan matematik pada siklus I. Pada siklus II keterampilan generik sains yang berhasil ditumbuhkan adalah pengamatan langsung bahasa simbolik dan pemodelan matematik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18346

Actions (login required)

View Item View Item