Pengembangan bahan ajar fisika berbasis masalah untuk menunjang pembelajaran fisika di SMA kelas XI semester I program SBI/R-SBI / Muhammad Rizqi Adi Pradana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar fisika berbasis masalah untuk menunjang pembelajaran fisika di SMA kelas XI semester I program SBI/R-SBI / Muhammad Rizqi Adi Pradana

Pradana, Muhammad Rizqi Adi (2012) Pengembangan bahan ajar fisika berbasis masalah untuk menunjang pembelajaran fisika di SMA kelas XI semester I program SBI/R-SBI / Muhammad Rizqi Adi Pradana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci bahan ajar fisika berbasis masalah SMA R-SBI Seiring dengan perkembangan jaman pada abad ke-21 ini inovasi pendidikan semakin maju. Di Indonesia banyak Sekolah yang belum siap untuk menghadapi perubahan ini khususnya SMA program SBI/R-SBI. Salah satu masalah di SMA program SBI/RSBI adalah kesulitan Guru memperoleh bahan ajar Fisika yang sesuai dengan kriteria. Oleh karena itu diperlukan suatu penelitian untuk mengembangkan bahan ajar Fisika yang sesuai dengan kriteria SMA program SBI/R-SBI. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini yaitu bahan ajar Fisika berbasis masalah untuk siswa SMA kelas XI program SBI. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar Fisika berbasis masalah serta menguji kelayakanya. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (Research and Development) menurut Borg and Gall yang telah dimodifikasi. Instrumen pengumpulan data dari penelitian ini adalah Angket dan lembar kritik dan saran terhadap produk. Data yang didapatkan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif untuk penilaian kelayakan dan penyajian isi diperoleh melalui hasil pengisian angket yang dilakukan oleh ahli (Guru dan Dosen) untuk penilaian keterbacaan bahan ajar dilakukan oleh Siswa. Analisis data kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan metode analisis rata-rata untuk data kualitatif tidak dilakukan suatu analisis secara detail namun peneliti langsung merevisi produk berdasarkan kritik dan saran. Berdasarkan analisis data kuantitatif bahan ajar ini mendapatkan kategori layak dan sangat layak. Sedangkan berdasarkan data kualitatif bahan ajar ini perlu direvisi pada bagian tertentu. Meskipun Bahan ajar hasil pengembangan termasuk pada kategori layak bahan ajar ini perlu diuji secara lebih lanjut dengan cara menerapkan bahan ajar ini dalam pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18334

Actions (login required)

View Item View Item