Setryorini, Indah (2012) Peningkatan motivasi berprestasi dan belajar dengan penilaian portofolio siswa kelas VII A SMPN 3 Kademangan Blitar / Indah Setyorini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci penilaian portofolio motivasi berprestasi prestasi belajar Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Fisika kelas VII A di SMPN 3 Kademangan Blitar diketahui bahwa siswa sering terlambat atau bahkan tidak mengumpulkan tugas. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi berprestasi siswa rendah. Selain itu prestasi belajar siswa juga rendah karena 11 dari 29 siswa mendapatkan nilai di bawah KKM pada ujian masuk SMP. Salah satu cara yang dapat meningkatkan motivasi berprestasi dan prestasi belajar siswa adalah penilaian portofolio. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pelaksanaan penilaian portofolio untuk meningkatkan motivasi berprestasi dan prestasi belajar (2) hasil motivasi berprestasi siswa setelah diterapkan penilaian portofolio dan (3) prestasi belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksana-kan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri empat tahapan yaitu (1) perencanaan (2) tindakan dan pengamatan (3) refleksi dan (4) perbaikan perencanaan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A SMPN 3 Kademangan Blitar yang terdiri dari 29 siswa. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara lembar catatan lapangan lembar observasi keterlaksanaan penerapan penilaian portofolio lembar observasi motivasi berprestasi angket motivasi berprestasi dan dokumen portofolio. Dokumen portofolio berisi hasil karya siswa yaitu (1) hasil LKS (2) revisi LKS (3) PR (4) revisi PR dan (5) tes akhir siklus. Penelitian pada siklus I menunjukkan hasil yang baik. Pelaksanaan pembelajaran yang mengacu pada teknik penilaian portofolio dapat membuat siswa termotivasi dalam berprestasi sehingga prestasi belajarnya pun meningkat. Siswa menjadi rajin mengerjakan tugas. Siswa terlihat antusias mengikuti proses pembelajaran. Kekurangan pada siklus I adalah siswa masih menunggu perintah guru untuk melakukan kegiatan LKS yang kurang baik managemen waktu yang belum sesuai dan kemampuan guru dalam mengelola kelas yang terkadang ragu-ragu. Hasil pada siklus II sudah menunjukkan peningkatan. Kemampuan guru dalam mengelola kelas mengalami peningkatan. Siswa yang terlambat mengumpulkan tugas sudah berkurang dan kemauan siswa menjawab pertanyaan meningkat. Berdasarkan analisis data kuantitatif diketahui bahwa pelaksanaan penilaian portofolio motivasi berprestasi serta prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan pelaksanaan penilaian portofolio dari siklus I ke siklus II sebesar 11 3 %. Peningkatan motivasi berprestasi siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 1 9 % berdasarkan angket dan 8 8 % berdasarkan lembar observasi. Peningkatan prestasi belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 21 9 %.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jan 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18329 |
Actions (login required)
View Item |