Firmansyah, Okky Buyung (2011) Penerapan think pair share berbantuan peta konsep untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII-G SMP Negeri 8 Malang tahun ajaran 2010/2011 / Okky Buyung Firmansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Pembelajaran TPS peta konsep aktivitas belajar s iswa dan prestasi belajar fisika. Pada pelaksanaan pembelajaran di kelas masih terdapat siswa yang tidak terlibat secara aktif dalam pembelajaran dikarenakan guru jarang menerapkan kegiatan belajar kelompok di kelas dan masih rendahnya aktivitas siswa di dalam kelas yang mengakibatkan prestasi belajar fisika siswa kurang memuaskan. Berkaitan dengan permasalahan di atas peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share berbantuan peta konsep. Pada pembelajaran ini siswa terlebih dahulu memahami materi mengerjakan soal dan membuat peta konsep secara individu selanjutnya siswa berdiskusi secara berpasangan untuk saling berbagi hasil pemikiran masing-masing dan saling membantu dalam memahami materi. Peta konsep bertujuan agar siswa mampu menstrukturkan konsep-konsep fisika sesuai pemahaman siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII-G SMP Negeri 8 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII-G SMP Negeri 8 Malang dengan menerapkan pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) berbantuan peta konsep. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menuntut peneliti untuk terlibat langsung dalam proses penelitian mulai dari perencanaan penelitian hingga pelaporan data. Proses PTK terdiri dari dua siklus dengan masing-masing siklus mencakup empat tahap yaitu perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan observasi yang berpedoman pada lembar observasi. Lembar observasi yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran yang digunakan untuk mengetahui ketepatan tindakan guru dalam menerapkan pembelajaran kooperatif TPS. Selain itu untuk mendapatkan data aktivitas belajar siswa digunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa yang diamati oleh observer untuk mengetahui aktivitas belajar siswa selama pembelajaran berlangsung. Sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengetahui prestasi belajar siswa digunakan tes yang diadakan tiap akhir siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif TPS dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran fisika. Peningkatan ini ditunjukkan dengan persentase skor aktivitas belajar siswa yang diamati melalui lembar observasi aktivitas yaitu 65.56% pada siklus I menjadi 82.92% pada siklus II. Peningkatan aktivitas belajar siswa ini diikuti dengan peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Rata-rata nilai tes siklus siswa yaitu 77.38 dengan ketuntasan 69.05% pada siklus I dan di siklus II 86.98 dengan ketuntasan belajar 90.47%. Sehingga pembelajaran kooperatif tipe TPS ini layak dikembangkan dalam pembelajaran fisika.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Oct 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18320 |
Actions (login required)
View Item |