Efektivitas penggunaan healing story dengan media high school musical film untuk resolusi konflik remaja / Rian Rokhmad Hidayat - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas penggunaan healing story dengan media high school musical film untuk resolusi konflik remaja / Rian Rokhmad Hidayat

Hidayat, Rian Rokhmad (2011) Efektivitas penggunaan healing story dengan media high school musical film untuk resolusi konflik remaja / Rian Rokhmad Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci healing story resolusi konflik remaja Masa remaja merupakan salah satu bagian dari siklus kehidupan manusia ketika seseorang mengalami banyak masalah karena perubahan fisik psikis dan sosial yang terjadi dari masa anak-anak ke masa dewasa. Sebagai seseorang yang mencari jati diri seringkali remaja ingin membuktikan bahwa dirinya adalah seorang yang hebat sehingga membuatnya enggan untuk meminta bantuan dan mendengarkan nasihat orang dewasa. Bimbingan dan konseling sebagai usaha bantuan di sekolah memiliki kewenangan untuk membantu siswa mencapai perkembangan diri yang optimal. Oleh karena itu diperlukan usaha bantuan yang efektif dan tidak terkesan menggurui agar siswa mau untuk dibantu oleh konselor. Salah satu usaha bantuan yang bisa diberikan yaitu metode healing story atau metafora. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas healing story untuk resolusi konflik remaja. Hal ini berdasarkan pertimbangan konflik dalam remaja yang acapkali terjadi dan memburuk sehingga dibutuhkan salah satu teknik bantuan yang dapat menginspirasi remaja menyelesaikan konflik dengan temannya tanpa merasa digurui. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen one group pretest and posttest design dengan subjek penelitian siswa yang sedang mengalami konflik dengan kelompok persahabatannya yang diduga memerlukan bantuan. Penelitian ini menggunakan Conflict Management Inventory dari buku Compendium of Questionnaires and Inventories Vol. 1 tahun 2007 yang dikembangkan oleh Sarah Cook berdasarkan hasil pengembangannya selama bertahun-tahun sebagai konsultan manajemen dan pengembangan organisasi. Media High School Musical Film yang digunakan dalam penelitian ini telah dikonsultasikan dan divalidasi oleh ahli bimbingan dan konseling dan ahli media pembelajaran. Hasil expert judgement menunjukkan bahwa media High School Musical Film dinilai layak efektif berguna menarik dan tepat untuk resolusi konflik remaja. Kegiatan penelitian diawali dengan pemberian pretest. Pretest diberikan untuk mengetahui skor negosiasi yang dimiliki siswa sebelum pelaksanaan treatment. Treatment dilakukan kepada subjek penelitian dengan menggunakan media film berdurasi dua belas menit. Diharapkan dengan film yang tidak terlalu panjang subjek penelitian dapat fokus pada treatment yang diberikan dan tidak jenuh. Pelaksanaan treatment dilakukan dalam waktu yang singkat dimaksudkan untuk mengurangi pengaruh variabel eksternal yang tidak dapat dikendalikan antara lain perubahan mood perkembangan emosi dan pengetahuan baru yang dimiliki subjek penelitian yang dapat mempengaruhi keabsahan hasil penelitian. Hasil eksperimen lapangan menunjukkan bahwa healing story dengan media High School Musical Film efektif untuk resolusi konflik remaja. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan sign test atau uji tanda. Hasil analisis uji tanda subyek penelitian menunjukkan nilai Exact.Sig. (2-tailed)/significance untuk uji dua sisi adalah 0.031(di bawah 0.05) sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan. Hipotesis penelitian diterima healing story dengan media high school musical film efektif untuk resolusi konflik remaja. Dari hasil wawancara yang dilakukan kepada subjek efek pemutaran film bagi subjek penelitian antara lain mereka sadar bahwa setiap masalah harus dibicarakan dengan baik-baik memunculkan sikap terbuka dalam menyelesaikan permasalahan individu ataupun kelompok dan tidak menonjolkan egoisme individual. Healing story terbukti efektif untuk resolusi konflik remaja. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan acuan oleh konselor sekolah untuk membantu siswa menyelesaikan konflik yang dialami dengan teman sebayanya. Konselor juga dapat menggunakan film lain sebagai media untuk membantu siswa menyelesaikan permasalahan yang dialami disesuaikan dengan tema film yang dipilih.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1831

Actions (login required)

View Item View Item