Listianto, Gemma Lugas (2011) Pengaruh penerapan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema cahaya terhadap kompetensi IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pakis / Gemma Lugas Listianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Paket IPA Terpadu Kompetensi IPA. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah secara tegas menyatakan bahwa substansi mata pelajaran IPA pada SMP/ MTs merupakan IPA Terpadu. Hasil pengamatan di SMP Negeri 1 Pakis menunjukkan bahwa pembelajaran IPA masih disampaikan secara terpisah-pisah dalam disiplin ilmu fisika kimia dan biologi. Salah satu penyebabnya adalah karena terbatasnya bahan ajar yang menyajikan IPA secara terpadu. Pada tahun 2009 telah dikembangkan paket IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme dengan Tema Cahaya oleh Muklis yang telah diuji kelayakannya meliputi penilaian Paket IPA Terpadu oleh dosen IPA dan guru IPA SMP serta uji keterbacaan paket IPA Terpadu oleh siswa SMP tetapi secara empirik belum diketahui pengaruhnya terhadap kompetensi IPA (prestasi belajar kerja ilmiah dan sikap ilmiah) siswa. Oleh karena itu perlu dilakukan pembelajaran IPA terpadu menggunakan paket IPA Terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema Cahaya untuk mengetahui keefektifannya dalam meningkatkan kompetensi IPA siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian eksperimen semu dengan desain Control Group Pre test-Pos test Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pakis Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2010/2011. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII A dan VIII H. Kelas VIII A sebagai kelas pembanding dan kelas VIII H sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen mendapat pembelajaran menggunakan Paket IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme dengan Tema Cahaya sedangkan kelas pembanding mendapat pembelajaran dengan paket IPA yang telah ditetapkan sekolah. Kedua kelas memperoleh materi yang sama sesuai SK dan KD IPA kelas VIII semester 2. Instrumen pretest dan posttest telah diuji validitasnya terhadap 209 responden Instrumen tes prestasi belajar berupa soal pilihan ganda sebanyak 13 butir dengan reliabilitas 0 542 soal tes kerja ilmiah sebanyak 13 butir dengan reliabilitas 0 746 dan skala sikap ilmiah sebanyak 16 butir dengan reliabilitas 0 802. Berdasarkan uji prasyarat analisis diperoleh bahwa data tidak terdistribusi normal sehingga uji hipotesis dilakukan dengan uji non-parametrik U Mann-Whitney. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai z prestasi belajar sebesar 4 011 nilai z kerja ilmiah sebesar 2 637 dan nilai z sikap ilmiah sebesar 2 700 yang lebih besar daripada nilai kritis z (1 645). Hal ini menunjukkan bahwa kompetensi IPA kelas eksperimen lebih tinggi daripada kompetensi IPA kelas pembanding. Oleh sebab itu disarankan kepada guru IPA SMP untuk menggunakan paket IPA Terpadu Tema Cahaya dalam pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Sep 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18305 |
Actions (login required)
View Item |