Pengaruh penerapan paket IPA terpadu berbsis konstruktivisme dengan tema peredaran darah terhadap kompetensi IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bululawang / Mukhammad Faisol Amin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan paket IPA terpadu berbsis konstruktivisme dengan tema peredaran darah terhadap kompetensi IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bululawang / Mukhammad Faisol Amin

Amin, Mukhammad Faisol (2011) Pengaruh penerapan paket IPA terpadu berbsis konstruktivisme dengan tema peredaran darah terhadap kompetensi IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bululawang / Mukhammad Faisol Amin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Paket IPA Terpadu Kompetensi IPA. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah secara tegas menyatakan bahwa substansi mata pelajaran IPA pada SMP/ MTs merupakan IPA Terpadu. Hasil pengamatan di SMP Negeri 1 Bululawang menunjukkan bahwa pembelajaran IPA masih disampaikan secara terpisah-pisah dalam disiplin ilmu fisika kimia dan biologi. Salah satu penyebabnya adalah karena terbatasnya bahan ajar yang menyajikan IPA secara terpadu. Pada tahun 2009 telah dikembangkan paket IPA Terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema Peredaran Darah oleh Rayendra Wahyu Bachtiar yang telah diuji kelayakannya meliputi penilaian Paket IPA Terpadu oleh dosen guru dan siswa SMP. Penelitian ini bermaksud menguji paket tersebut secara empirik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian eksperimen semu dengan desain Control Group Pre test-Pos test Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bululawang Tahun Pelajaran 2010/2011. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII D dan VIII H. Kelas VIII D berjumlah 31 siswa sebagai kelas pembanding dan kelas VIII H berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen mendapat pembelajaran menggunakan Paket IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme dengan Tema Peredaran Darah sedangkan kelas pembanding mendapat pembelajaran dengan paket IPA yang telah ditetapkan sekolah. Kedua kelas memperoleh materi yang sama sesuai SK dan KD IPA kelas VIII semester 2. Instrumen pretest dan posttest telah diuji validitasnya terhadap 140 responden. Instrumen tes prestasi belajar berupa soal pilihan ganda sebanyak 16 butir dengan reliabilitas 0 642 essay untuk soal tes kerja ilmiah sebanyak 10 butir dengan reliabilitas 0 615 dan skala sikap ilmiah sebanyak 16 butir dengan reliabilitas 0 802. Berdasarkan uji prasyarat analisis diperoleh bahwa data tidak terdistribusi normal sehingga uji hipotesis dilakukan dengan uji non-parametrik U Mann- Whitney. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai z prestasi belajar sebesar 4 975 nilai z kerja ilmiah sebesar 6 039 dan nilai z sikap ilmiah sebesar 0 3094 dimana z tabel sebesar 1 645. Ini menunjukkan terdapat perbedaan prestasi belajar dan kerja ilmiah antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan Paket IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme dengan Tema Peredaran Darah dengan siswa yang tidak mendapat pembelajaran menggunakan Paket IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme dengan Tema Peredaran Darah. Namun tidak terdapat perbedaan sikap ilmiah pada kelas eksperimen dan kelas pembanding.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18304

Actions (login required)

View Item View Item