Pengembangan bahan ajar berorientasi pengajaran kuantum (Quantum teaching) pada materi alat-alat optik untuk sekolah menengah atas (SMA) kelas X / Farid Fatoni Setyawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berorientasi pengajaran kuantum (Quantum teaching) pada materi alat-alat optik untuk sekolah menengah atas (SMA) kelas X / Farid Fatoni Setyawan

Setyawan, Farid Fatoni (2011) Pengembangan bahan ajar berorientasi pengajaran kuantum (Quantum teaching) pada materi alat-alat optik untuk sekolah menengah atas (SMA) kelas X / Farid Fatoni Setyawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci bahan ajar quantum teaching alat-alat optik. Proses pembelajaran fisika perlu dilakukan dengan cara yang menarik dan menyenangkan mengingat pembelajaran fisika merupakan kegiatan yang mempelajari ilmu pengetahuan tentang gejala alam di sekitar kita. Keadaan menarik santai dan menyenangkan akan membantu siswa untuk menyerap materi pelajaran dengan baik. Quantum teaching merupakan model pembelajaran yang menekankan pada penciptaan suasana belajar yang efektif dan menyenangkan serta menekankan terciptanya interaksi antara siswa dengan lingkungan. Terciptanya suasana belajar yang menarik dan menyenangkan dipengaruhi oleh persiapan perangkat pembelajaran yang baik salah satunya adalah bahan ajar. Bahan ajar yang baik disusun dengan bahasa yang mudah dimengerti dan menarik sehingga dengan bahan ajar yang baik akan mempermudah siswa dalam memahami konsep-konsep fisika. Berdasarkan uraian tersebut maka dikembangkan bahan ajar berorientasi Quantum Teaching pada materi alat-alat optik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berorientasi Quantum Teaching pada materi alat-alat optik untuk SMA kelas X agar mempermudah siswa dalam mempelajari konsep alat-alat optik. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan produk dan mengetahui karakteristik produk yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan dengan langkah-langkah meliputi tahap penelitian dan pengumpulan data perencanaan pengembangan produk awal uji coba lapangan awal dan revisi produk akhir. Penelitian ini menggunakan teknik validasi isi yang dilakukan oleh validator yang berasal dari pihak dosen dan guru sebagai ahli serta dilakukan uji coba awal terhadap siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang disertai rubrik. Jenis data penelitian meliputi data kuantitatif berupa penilaian validator berdasarkan Skala Likert dan data kualitatif berdasarkan komentar dan saran dari validator. Produk akhir penelitian ini adalah bahan ajar berorientasi Quantum Teaching pada materi alat-alat optik. Berdasarkan hasil analisis data produk akhir yang dihasilkan sudah memenuhi kriteria layak dan sudah direvisi pada beberapa bagian berdasarkan komentar dan saran dari validator. Produk akhir yang dihasilkan memiliki karakteristik yang berbeda dari bahan ajar yang lain diantaranya setiap awal materi diawali pembahasan yang memotivasi belajar siswa dan pertanyaan-pertanyaan sederhana terdapat kata mutiara di setiap halaman setiap pembahasan diperjelas dengan gambar pembahasannya sederhana dan mudah dimengerti siswa terdapat Web Link dan Mind Mapping serta desain isi lebih menarik dan full colour.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18302

Actions (login required)

View Item View Item