Pengembangan instrumen tes bentuk pilihan ganda bermakna untuk mengidentifikasi miskonsepsi gaya sentripetal pada siswa kelas X / Novita Budi Triastutik - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen tes bentuk pilihan ganda bermakna untuk mengidentifikasi miskonsepsi gaya sentripetal pada siswa kelas X / Novita Budi Triastutik

Triastutik, Novita Budi (2011) Pengembangan instrumen tes bentuk pilihan ganda bermakna untuk mengidentifikasi miskonsepsi gaya sentripetal pada siswa kelas X / Novita Budi Triastutik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci instrumen tes pilihan ganda bermakna miskonsepsi gaya sentripetal Gaya sentripetal merupakan salah satu konsep yang rawan bagi terjadinya miskonsepsi pada siswa. Apabila tidak segera diatasi maka miskonsepsi akan terus menerus terjadi. Selama ini cara identifikasi miskonsepsi yang sudah digunakan membutuhkan waktu lama dalam penerapannya misalnya wawancara dan tes soal uraian. Oleh karena itu diperlukan suatu cara untuk identifikasi miskonsepsi yang dapat digunakan secara tepat sehingga persoalan miskonsepsi dapat segera diketahui dan diatasi baik oleh guru maupun siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yaitu untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan instrumen tes bentuk pilihan ganda bermakna untuk mengidentifikasi miskonsepsi gaya sentripetal mendeskripsikan kelayakan instrumen tes bentuk pilihan ganda bermakna yang dikembangkan serta untuk mendesripsikan spesifikasi produk yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan Langkah- langkah penelitian meliputi studi pendahuluan perancangan draft instrumen pengembangan draft instrumen uji coba instrumen revisi produk akhir hasil pengembangan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis validasi isi analisis analisis anates dan program AAFF serta dapat pula dengan menggunakan analisis manual. Kegiatan validasi dilaksanakan oleh validator yang berasal dari pihak guru dan dosen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang disertai rubrik penilaian soal uraian dan soal pilihan ganda yang dihasilkan. Jenis data penelitian meliputi data kuantitatif berupa penilaian validator berdasarkan skala Likert dan data kualitatif berupa tanggapan dan saran yang diberikan oleh validator. Produk akhir penelitian ini adalah instrumen tes bentuk pilihan ganda bermakna sebagai alat identifikasi miskonsepsi yang dikembangkan berdasarkan soal uraian yang telah diujikan sebelumnya dan berdasarkan deskripsi jawaban soal uraian. Butir tes pilihan ganda bermakna memiliki empat alternatif jawaban yang masing-masing memiliki deskripsi yang berbeda. Deskripsi yang dibuat menggambarkan pemikiran siswa ketika memilih sebuah opsi jawaban. Berdasarkan hasil analisis produk yang dihasilkan sudah memenuhi kriteria layak namun masih perlu ada revisi berdasarkan saran kritik dan tanggapan dari validator. Produk yang dihasilkan mampu membedakan siswa yang miskonsepsi tidak miskonsepsi dan yang mengalami ketidakkonsistenan dalam menjawab atau memilih jawaban serta mampu mengelompokkan siswa berdasarkan bentuk miskonsepsinya. Proses identifikasi dilakukan dengan melihat kekonsistenan siswa dalam menjawab setiap butir tes yang diberikan dalam satu konsepsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18297

Actions (login required)

View Item View Item