Peningkatan kemampuan berpikir siswa melalui pembelajaran berbasis inkuiri dengan model pencapaian konsep di kelas VIIA SMP Negeri 4 Malang / Dyne Rizki Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan berpikir siswa melalui pembelajaran berbasis inkuiri dengan model pencapaian konsep di kelas VIIA SMP Negeri 4 Malang / Dyne Rizki Puspitasari

Puspitasari, Dyne Rizki (2011) Peningkatan kemampuan berpikir siswa melalui pembelajaran berbasis inkuiri dengan model pencapaian konsep di kelas VIIA SMP Negeri 4 Malang / Dyne Rizki Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kemampuan berpikir model pencapaian konsep pembelajaran berbasis inkuiri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan desain Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan di kelas SMP Negeri 4 Malang terhadap 37 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran berbasis inkuiri dengan model pencapaian konsep untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa. Penelitian terdiri dari 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 4 kegiatan yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pada pelaksanaan pembelajaran digunakan model pencapaian konsep yang terdiri dari 3 tahapan yaitu (1) penyajian data dan identifikasi konsep (2) pengujian pencapaian konsep dan (3) analisis strategi-strategi berpikir. Data diperoleh dari catatan lapangan observasi dan tes akhir siklus. Analisis data dilakukan dengan reduksi data paparan data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat peningkatan keterlaksanaan pembelajaran. Pada siklus I pembelajaran terlaksana 83 87% sedangkan pada siklus II pembelajaran terlaksana 90 30%. (2) Aktivitas berpikir siswa meningkat. Pada siklus I aktivitas berpikir siswa adalah 59 08% sedangkan pada siklus II aktivitas berpikir siswa adalah 63 63%. (3) Kemampuan berpikir siswa meningkat. Pada siklus I pencapaian hasil belajar siswa ditunjukkan dengan angka kelulusan sebesar 86 48% dan nilai rata-rata kelas 81 59. Pada siklus II pencapaian hasil belajar siswa ditunjukkan dengan angka kelulusan sebesar 89 19% dan nilai rata-rata kelas 81 35. Terakhir (4) peningkatan juga terjadi pada kemampuan dasar analisis siswa terhadap contoh-contoh yang disajikan di awal setiap pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18292

Actions (login required)

View Item View Item