Puspitarini, Nurma Ayu (2011) Pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis WEB pada mata pelajaran fisika SMP kelas VII / Nurma Ayu Puspitarini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci pengembangan media pembelajaran e-learning fisika. Penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran didasarkan pada prinsip bahwa cara mengajar yang terpusat pada guru dapat diperbaiki dengan menggunakan media pembelajaran. Dalam usaha peningkatan kualitas dan kuantitas pembelajaran maka media pembelajaran mempunyai peran yang penting. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan tampilan hasil media pembelajaran e-learning berbasis web pada mata pelajaran Fisika SMP kelas VII (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran e-learning berbasis web pada mata pelajaran Fisika SMP kelas VII. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian pengembangan Sadiman dkk yang telah dimodifikasi. Uji lapangan dilaksanakan di SMP Negeri 18 Malang. Prosedur penelitian ini adalah (1) identifikasi kebutuan (2) perumusan tujuan (3) perumusan butir-butir materi (4) perumusan alat pengukur keberhasilan (5) penulisan naskah media/produksi (6) tes/uji coba (7) revisi produk akhir. Penelitian dilakukan dengan mengambil sampel siswa SMP kelas VII guru fisika dan ahli media pembelajaran untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran e-learning berbasis web digunakan untuk pembelajaran fisika. Hasil penelitian diperoleh tingkat validasi diantaranya (1) pada ahli media dengan hasil 75% (2) pada ahli materi materi dikembangkan sendiri yaitu materi (. pdf) yang disesuaikan dengan kompetensi dasar yang berlaku dan materi (. swf) dikembangkan dari materi yang sudah ada sebelumnya maka diperoleh hasil 83% dan (3) pada audien/uji coba lapangan dengan hasil 90%. Tampilan pada media ini berupa web yang dapat diakses dengan memasukkan url http //localhost/fisika pada browser. Media pembelajaran elearning berbasis web pada mata pelajaran fisika SMP kelas VII ini mempunyai 4 tampilan utama yang dapat mewakili tampilan media secara keseluruhan yaitu halaman utama admin halaman utama siswa materi dan latihan soal. Berdasarkan temuan penelitian ini beberapa saran yang diperkirakan dapat meningkatkan media pembelajaran e-learning berbasis web selanjutnya untuk lebih dapat mengkaji memodifikasi dan memperkecil kekurangan pada media pembelajaran e-learning berbasis web ini sehingga media ini dapat digunakan sebagai referensi dan salah satu media belajar bagi siswa yang tidak dibatasi oleh waktu dan jarak. Selain itu media ini diharapkan dapat menjadi salah satu model pembelajaran fisika oleh guru yang lebih menarik dan variatif agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jun 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18275 |
Actions (login required)
View Item |