Pengembangan butir tes pilihan ganda distraktor bermakna untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa SMA pada materi hukum Newton dan gaya / Januar Anton Firmansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan butir tes pilihan ganda distraktor bermakna untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa SMA pada materi hukum Newton dan gaya / Januar Anton Firmansyah

Firmansyah, Januar Anton (2011) Pengembangan butir tes pilihan ganda distraktor bermakna untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa SMA pada materi hukum Newton dan gaya / Januar Anton Firmansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci butir tes pilihan ganda distraktor bermakna miskonsepsi hukum Newton dan gaya. Miskonsepsi dapat diartikan konsepsi seseorang yang tidak sesuai dengan yang diterima para ilmuan atau pakar. Miskonsepsi dapat mengganggu pemikiran siswa baik ketika siswa mengerjakan soal maupun ketika siswa menerima materi berikutnya. Materi hukum Newton dan gaya merupakan salah satu materi fisika di mana siswa banyak mengalami miskonsepsi. Selama ini usaha untuk mengidentifikasi miskonsepsi fisika jarang dilakukan oleh guru-guru fisika di Indonesia. Alat identifikasi miskonsepsi yang pernah dikembangkan oleh peneliti di dalam dan di luar negeri membutuhkan waktu lama dalam proses analisisnya. Atas dasar kendala tersebut maka dikembangkan butir tes pilihan ganda distraktor bermakna sebagai alat identifikasi miskonsepsi pada materi hukum Newton dan gaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan butir tes pilihan ganda distraktor bermakna sebagai alat identifikasi miskonsepsi pada materi hukum Newton dan gaya serta mengetahui kelayakan dan karakteristik butir tes pilihan ganda distraktor bermakna yang telah dikembangkan. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan yang dilaksanakan meliputi studi pendahuluan perencanaan pengembangan bentuk awal produk uji coba awal dan revisi produk awal. Penelitian ini menggunakan teknik perhitungan rata-rata untuk validasi isi analisis dengan program Analisis Tes (Anates) dan analisis dengan program Analisis Asesmen Formatif Fisika (AAFF). Validasi isi dilaksanakan oleh guru dan dosen sebagai validator. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket soal uraian dan soal pilihan ganda. Jenis data penelitian meliputi data kuantitatif berupa penilaian validator berdasarkan skala Likert dan data kualitatif berupa tanggapan dan saran oleh validator. Produk akhir penelitian dan pengembangan ini adalah butir tes pilihan ganda distraktor bermakna materi hukum Newton dan gaya. Produk tersebut dikembangkan berdasarkan butir tes uraian yang telah diujikan sebelumnya dan berdasarkan deskripsi jawaban siswa pada butir tes uraian. Produk yang dihasilkan memiliki empat alternatif jawaban dengan deskripsi yang berbeda-beda. Deskripsi yang dibuat menggambarkan pemikiran siswa ketika memilih sebuah alternatif jawaban. Berdasarkan hasil analisis data produk yang dihasilkan sudah memenuhi kriteria layak namun masih perlu ada revisi berdasarkan tanggapan dan saran dari validator. Produk yang dihasilkan telah mampu mengidentifikasi miskonsepsi siswa dapat memberikan umpan balik pada siswa terhadap kemajuan belajarnya dan dapat mengelompokkan siswa berdasarkan miskonsepsinya sehingga mudah untuk melakukan program remedial teaching.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18272

Actions (login required)

View Item View Item