Penerapan metode bervariasi untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris dan hasil belajar fisika matematika II kelas C-AX tahun akademik 2009-2010 Jurusan Fisika FMIPA UM / Lusy Syintia Jati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode bervariasi untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris dan hasil belajar fisika matematika II kelas C-AX tahun akademik 2009-2010 Jurusan Fisika FMIPA UM / Lusy Syintia Jati

Jati, Lusy Syintia (2011) Penerapan metode bervariasi untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris dan hasil belajar fisika matematika II kelas C-AX tahun akademik 2009-2010 Jurusan Fisika FMIPA UM / Lusy Syintia Jati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci metode bervariasi keterampilan berbahasa Inggris hasil belajar Fisika Matematika II Berdasarkan hasil wawancara dengan dosen mata kuliah Fisika Matematika II mengenai hasil ujian mahasiswa untuk 4 bab yaitu deret Fourier fungsi khas 1 dan 2 dan persamaan differensial parsial nilai mahasiswa cenderung masih kurang baik rata-ratanya 43 46. Selain itu hanya sebagian kecil mahasiswa yang melaksanakan presentasi dalam bahasa Inggris mengemukakan pendapat dalam bahasa Inggris atau menjawab pertanyaan dalam bahasa Inggris yakni hanya sebesar 24 41%. Hal ini menunjukkan perlunya suatu usaha untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berbahasa Inggris. Permasalahan lain yang muncul adalah dosen terkesan dominan dalam perkuliahan yang dilakukan. Salah satu cara yang ditempuh untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan metode bervariasi yang terdiri dari curah pendapat (brainstorming) pertukaran kelompok (group to group exchange) presentasi oleh mahasiswa (presentation) penguatan (explanation by lecturer using question and answer tehnique) dan kuis (uji kompetensi). Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Data keterlaksanaan metode bervariasi dan keterampilan berbahasa Inggris diperoleh dengan instrumen pengamatan sedangkan hasil belajar Fisika Matematika II diperoleh dari hasil ujian harian (kuis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode bervariasi dalam perkuliahan Fisika Matematika II dapat dilaksanakan dengan tingkat keterlaksanaan 95 23% pada siklus I dan 95 83% pada siklus II Terjadi peningkatan keterampilan berbahasa Inggris mahasiswa terutama pada aspek speaking dari sebelum tindakan ke siklus II dicapai dengan peningkatan 20.05% dan dari siklus I ke siklus II dapat dicapai dengan peningkatan persentase sebesar 4 19%. Capaian siklus II 44 46% telah melampui indikator keberhasilan dan berada pada kategori cukup baik.Terdapat peningkatan hasil belajar Fisika Matematika II dari sebelum tindakan ke siklus I dan II dicapai dengan peningkatan sebesar 35. 78 dan peningkatan sebesar 1.02 dari hasil belajar 78 12 pada siklus I menjadi 79.14 pada siklus II. Hasil belajar pada siklus I dan siklus II telah melampui target keberhasilan yang ditetapkan pada nilai 55 ke atas. Capaian hasil belajar pada kedua siklus 2 berada pada kategori baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18269

Actions (login required)

View Item View Item