Pengembangan media pembelajaran fisika kartun animasi pokok bahasan gerak untuk siswa SMP kelas VII semester 2 / Joko Dwi Eryanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran fisika kartun animasi pokok bahasan gerak untuk siswa SMP kelas VII semester 2 / Joko Dwi Eryanto

Eryanto, Joko Dwi (2011) Pengembangan media pembelajaran fisika kartun animasi pokok bahasan gerak untuk siswa SMP kelas VII semester 2 / Joko Dwi Eryanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pengembangan media fisika kartun animasi Perkembangan IPTEK yang diiringi dengan perkembangan komputer sebagai sarana pembelajaran memungkinkan dibuatnya media pembelajaran yang berbasis animasi komputer sehingga dapat membantu proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran fisika berbasis animasi komputer dengan gambar kartun yang dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran fisika SMP kelas VII pada pokok bahasan gerak. Pokok bahasan gerak terdiri dari pengertian gerak jarak perpindahan dan lintasan kecepatan dan kelajuan percepatan dan perlambatan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yaitu langkah-langkah untuk mengembangkan suatu produk baru. Produk tersebut berupa media pembelajaran berbasis animasi komputer dengan memberikan gambar dan simbol kartun. Pengembangan produk media pembelajaran kartun animasi ini menggunakan desain yang merupakan modifikasi dari langkah-langkah penelitian dan pengembangan yang dikemukakan oleh Borg Gall yang terdiri dari studi pendahuluan pengembangan produk dan pengujian. Software yang digunakan untuk mengembangkan produk media pembelajaran ini adalah software SwishMax 2005. Penelitian ini hanya sampai pada tahap uji coba terbatas. Pengambilan data uji coba terbatas media pembelajaran dilakukan dengan menggunakan instrument berupa angket/kuisioner kepada ahli media ahli materi dan audien (siswa). Kegiatan validasi dilakukan di SMP Negeri 9 Malang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik persentase. Berdasarkan analisis data uji coba terbatas ahli media ahli materi dan audien (siswa) diketahui tingkat kevalidan media pembelajaran yang dikembangkan sebesar 83% menurut ahli media 89% menurut ahli materi dan 85% menurut audien (siswa).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18258

Actions (login required)

View Item View Item