Syarifudin, Moh. Rosid (2011) Implementasi pembelajaran model latihan inkuiri (inquiry training model) untuk meningkatkan kerja ilmiah dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIIIE SMPN 18 Malang / Moh. Rosid Syarifudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Latihan Inkuiri Kerja Ilmiah dan Prestasi Belajar Berdasarkan observasi di kelas VIIIE SMPN 18 Malang pembelajaran fisika di kelas tersebut masih belum sesuai dengan yang diharapkan. Ketika pembelajaran di kelas berlangsung siswa belum dapat mengoperasikan alat-alat praktikum diskusi kelas masih diwarnai keramaian atau kegaduhan dan didapatkan bahwa prestasi siswa rendah. Siswa yang mendapat nilai ujian 70 hanya 20 siswa atau 50% dari jumlah siswa. Pada penelitian ini rumusan masalah dirumuskan (1) Bagaimana implementasi pembelajaran dengan menggunakan model latihan inkuiri dalam upaya meningkatkan kerja ilmiah dan prestasi belajar siswa kelas VIIIE SMPN 18 Malang (2) Apakah implementasi pembelajaran dengan menggunakan model latihan inkuiri dapat meningkatkan kerja ilmiah pada siswa kelas VIIIE SMPN 18 Malang (3) Apakah implementasi pembelajaran dengan menggunakan model latihan inkuiri dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIIIE SMPN 18 Malang Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses pembelajaran model latihan inkuiri yang dilaksanakan pada kelas VIIIE SMPN 18 Malang (2) Mengetahui dampak pembelajaran model latihan inkuiri bagi siswa kelas VIIIE SMPN 18 Malang dan (3) Mengetahui dampak pembelajaran model latihan inkuiri terhadap peningkatan prestasi belajar fisika bagi siswa kelas VIIIE SMPN 18 Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Tindakan yang diberikan pada penelitian ini berupa Implementasi Pembelajaran model latihan inkuiri yang terdiri dari lima tahapan yaitu menghadapkan pada masalah pengumpulan data-verifikasi pengumpulan data-eksperimentasi mengorganisasi merumuskan penjelasan dan menganalisis proses inkuiri. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIE SMPN 18 Malang dengan jumlah 41 siswa yang terdiri dari 20 orang putri dan 21 orang putra. Pokok bahasan yang digunakan adalah cahaya meliputi pemantulan cahaya pembentukan bayangan pada cermin datar dan pembentukan bayangan pada cermin cekung. Instrumen penelitian yang digunakan berupa rubrik penilaian kerja ilmiah siswa tes setiap siklus rekaman data dan catatan lapangan. Instrumen tindakan yang digunakan meliputi LKS dan RPP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran model latihan inkuiri dapat meningkatkan kerja ilmiah siswa dan prestasi belajar siswa. Peningkatan kerja ilmiah siswa pada merumuskan masalah adalah 50 % untuk membuat hipotesis -25 % melakukan praktikum 20 % mengumpulkan data 5 % membuat kesimpulan 45 5 % dan 10 % menjelaskan berdasarkan fakta.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Mar 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18253 |
Actions (login required)
View Item |