Pengaruh penggunaan paket IPS terpadu berbasis konstruktuvisme dengan tema hujan asam terhadap kompetensi IPS siswa kelas VII SMP Negeri 2 Malang tahun ajaran 2009/2010 / Surinta Harko Miyangga - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan paket IPS terpadu berbasis konstruktuvisme dengan tema hujan asam terhadap kompetensi IPS siswa kelas VII SMP Negeri 2 Malang tahun ajaran 2009/2010 / Surinta Harko Miyangga

Miyangga, Surinta Harko (2010) Pengaruh penggunaan paket IPS terpadu berbasis konstruktuvisme dengan tema hujan asam terhadap kompetensi IPS siswa kelas VII SMP Negeri 2 Malang tahun ajaran 2009/2010 / Surinta Harko Miyangga. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengaruh Paket IPA Terpadu Kompetensi IPA. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah secara tegas menyatakan bahwa substansi mata pelajaran IPA pada SMP/ MTs merupakan IPA Terpadu. Hasil pengamatan di SMP Negeri 2 malang menunjukkan bahwa pembelajaran IPA masih disampaikan secara terpisah-pisah dalam disiplin ilmu fisika kimia dan biologi. Salah satu penyebabnya adalah karena terbatasnya bahan ajar yang menyajikan IPA secara terpadu. Pada tahun 2009 telah dikembangkan paket IPA Terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema hujan asam oleh Imroatul Aulia yang telah diuji kelayakannya meliputi penilaian Paket IPA Terpadu oleh dosen dan guru serta uji keterbacaan buku panduan siswa oleh siswa SMP. Penelitian ini bermaksud menguji paket tersebut secara empirik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Malang Tahun Pelajaran 2009/2010. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VII G dan VII H yang dipilih secara acak kelompok. Kelas VII G berjumlah 37 siswa dan ditetapkan sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas VII H berjumlah 35 siswa dan ditetapkan sebagai kelas pembanding. Instrumen perlakuan pada penelitian ini adalah Paket IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme dengan Tema Hujan Asam yang digunakan sebagai bahan ajar untuk pembelajaran IPA pada Kelas eksperimen sedangkan kelas pembanding mendapat pembelajaran IPA dengan paket IPA yang telah ditetapkan sekolah. Kedua kelas memperoleh materi yang sama sesuai SK dan KD IPA kelas VII. Instrumen pengukuran kompetensi IPA berupa pilihan ganda untuk soal tes prestasi belajar sebanyak 15 butir dengan reliabilitas 0 526 essay untuk soal tes kerja ilmiah sebanyak 10 butir dengan reliabilitas 0 67 dan skala sikap ilmiah untuk mengukur sikap ilmiah sebanyak 16 butir dengan reliabilitas 0 802). Instrumen digunakan untuk pre test dan post test pada kelas eksperimen dan kelas pembanding setelah sebelumnya diujikan pada 101 responden dan dinyatakan valid berdasarkan taraf kesukaran daya pembeda dan validitas. Uji hipotesis dilakukan dengan Uji Anakova yang dilanjutkan dengan uji lanjut LSD (Least Square Difference). Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor prestasi belajar dan kerja ilmiah siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas pembanding sedangkan skor sikap ilmiah siswa kelas eksperimen dan kelas pembanding tidak ada perbedaan. Uji LSD menunjukkan skor rata-rata prestasi belajar pada kelas eksperimen adalah 10 992 sedangkan skor rata-rata prestasi belajar pada kelas pembanding adalah 8 065 dan untuk skor rata-rata kerja ilmiah pada kelas eksperimen adalah 21 036 sedangkan skor rata-rata kerja ilmiah pada kelas pembanding adalah 17 105.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18241

Actions (login required)

View Item View Item