Astutik, Evi Puji (2010) Penerapan the 5E learning cycle model dengan pendekatan inkuiri dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-G SMP Negeri 17 Malang / Evi Puji Astutik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci hasil belajar pendekatan inkuiri The 5E Learning Cycle Model Pelaksanaan pembelajaran yang didominasi guru dengan metode ceramah kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran rendahnya rata-rata nilai siswa dan anggapan bahwa fisika sulit mengakibatkan hasil belajar siswa rendah hasil ujian yang tidak mencapai SKM juga merupakan salah satu indikator hasil belajar rendah pada aspek kognitifnya. Siswa masih menganggap bahwa pelajaran fisika adalah pelajaran sulit penuh hitungan dan menghafal rumus-rumus. Oleh karena itu perlu adanya penerapan model pembelajaran yang dapat meningkatkan semangat dan melibatkan siswa dengan obyek nyata (melakukan percobaan). Model pembelajarannya adalah penerapan The 5E Learning Cycle Model dengan Pendekatan inkuiri. Penerapan ini terdiri atas 5 tahapan yaitu pendahuluan eksplorasi eksplanasi elaborasi dan evaluasi yang setiap tahapan selalu melibatkan siswa. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa (aspek kognitif aspek afektif dan aspek psikomotorik) siswa dengan penerapan The 5E Learning Cycle Model dengan pendekatan inkuiri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII-G SMP Negeri 17 Malang tahun ajaran 2009/2010 berjumlah 41 siswa. Teknik analisa yang digunakan adalah analisis gain score ternormalisasi untuk hasil belajar siswa aspek kognitif sedangkan analisis hasil belajar aspek afektif dan aspek psikomotorik menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan The 5E Learning Cycle Model dengan pendekatan inkuiri dalam pembelajaran fisika dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri 17 Malang. Berdasarkan data pada Siklus I dan Siklus II diperoleh peningkatan hasil belajar. Besar peningkatan hasil belajarnya pada aspek kognitif gain score meningkat 0 32 aspek afektif meningkat sebesar 17 50 % dan aspek psikomotorik meningkat sebesar 19 81 %.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Oct 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18237 |
Actions (login required)
View Item |