Widyaningsih, Eka (2011) Efektivitas penggunaan konseling kelompok rational emotive behavior untuk menurunkan stres dalam belajar siswa kelas X SMAN 10 Malang Sampoerna Academy / Eka Widyaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Stres dalam Belajar Konseling Kelompok REBT Kegiatan belajar dan pembelajaran di sekolah yang terlalu padat dapat menimbulkan stres dalam kadar tinggi pada siswa. Stres yang tinggi dapat menghambat perkembangan individu dalam belajar. Salah satu teknik yang diduga efektif untuk menurunkan stres dalam belajar siswa kelas X SMAN 10 Malang Sampoerna Academy adalah konseling kelompok Rational Emotive Behavior. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok Rational Emotive Behavior untuk menurunkan stres dalam belajar siswa kelas X SMAN 10 Malang Sampoerna Academy. Rancangan penelitian yang digunakan adalah true eksperiment (eksperimen murni). Desain eksperimen dalam penelitian ini adalah pretes dan postes dengan menggunakan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 10 Malang Sampoerna Academy. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan sampel sebanyak 10 orang subjek yang terbagi atas 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen 5 subjek dan kelompok kontrol 5 subjek. Data dikumpulkan dengan menggunakan inventori pengukuran stres dalam belajar. Data selanjutnya dianalisis menggunakan two independent samples test Mann Whitney U untuk mengetahui perbedaan tingkat stres dalam belajar siswa kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan konseling kelompok Rational Emotive Behavior efektif untuk menurunkan stres dalam belajar siswa kelas X SMAN 10 Malang Sampoerna Academy. Konselor sekolah hendaknya menggunakan konseling kelompok Rational Emotive Behavior untuk menurunkan stres dalam belajar siswa. Peneliti selanjutnya hendaknya membandingkan konseling kelompok Rational Emotive Behavior dengan ancangan konseling yang lain untuk menurunkan stres dalam belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jun 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/1822 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |