Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan soft skill dan prestasi belajar fisika siswa kelas VII SMP Negeri 6 Malang / Laili Nur Hidayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan soft skill dan prestasi belajar fisika siswa kelas VII SMP Negeri 6 Malang / Laili Nur Hidayah

Hidayah, Laili Nur (2010) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan soft skill dan prestasi belajar fisika siswa kelas VII SMP Negeri 6 Malang / Laili Nur Hidayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Soft Skill Prestasi Belajar. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di kelas VII-6 SMP Negeri 6 Malang menunjukkan bahwa pembelajaran fisika di kelas hanya didominasi oleh siswa yang pandai saja sedangkan siswa yang lain cenderung diam atau pasif. Hal ini disebabkan siswa kurang percaya diri dan bertanggung jawab. Kondisi tersebut mendorong perlunya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran. Penelitian ini memiliki tiga tujuan (1) mengetahui keterlaksanaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw (2) mengetahui peningkatan soft skill melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw (3) mengetahui peningkatan prestasi belajar fisika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-6 SMP Negeri 6 Malang dengan jumlah 42 siswa yang terdiri dari 24 siswa putri dan 18 siswa putra. Data yang diambil dalam penelitian ini meliputi data keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw data soft skill dan data prestasi belajar siswa. Rerata keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran yang dilakukan guru pada siklus I mencapai 81 77% dan keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan siswa sebesar 79 43% sedangkan keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru pada siklus II mencapai 95 83% dan keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan siswa sebesar 95 31%. Rerata prestasi belajar siswa sebelum pelaksanaan tindakan mencapai 79. Rerata prestasi belajar siswa setelah pelaksanaan siklus I mencapai 81 58. Rerata prestasi belajar siswa setelah pelaksanaan siklus 2 mencapai 89 15. Rerata soft skill siswa pada siklus I adalah 60 71% sedangkan pada siklus II mencapai 86 01%. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas VII-6 SMP Negeri 6 Malang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 14 06% oleh guru dan 15 88% oleh siswa. (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan rerata soft skill siswa kelas VII-6 Malang dari siklus I ke siklus II sebesar 25 3%. (3) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan rerata prestasi belajar siswa kelas VII-6 SMP Negeri 6 Malang dari siklus I ke siklus II sebesar 7 59. Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) Guru dalam menerapkan pembelajaran model kooperatif tipe jigsaw sebaiknya lebih intensif dalam memberikan bimbingan kepada siswa pada tahap diskusi kelompok ahli dan diskusi kelompok asal (2) Dalam setiap pembelajaran sebaiknya guru selalu meningkatkan soft skill siswa khususnya pada aspek interpersonal skill (3) Berdasarkan hasil penelitian ini sebaiknya digunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18219

Actions (login required)

View Item View Item