Tarkani (2010) Efektivitas pembelajaran dengan metode demontrasi dan pemberian tugas terstruktur terhadap peningkatan prestasi belajar fisika pokok bahasan zat dan wujudnya pada siswa kelas I semester I SMP Negeri 3 Jorong Tanah Laut tahun pelajaran 2003/2004. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sampai saat ini mutu pendidikan di Indonesia masih rendah yang tercermin dari rendahnya hasil UAN SMP terutama bidang studi IPA khususnya Fisika. Skor rata-rataN UANM 200212003si swa SMP Negeri 3 JorongT anahL aut Kalimantan Selatan pada pelajaran IPA adalah 6 43. Skor rata-rata tes pelajaran fisika pada pokok bahasanb esarand an satuana dalah5 80. Skor ini masiht ergolongr endahd an perlu dicari pemecahanu ntuk meningkatkans kor tersebut. Penelitianin i bertujuan( 1) untukm engetahupi erbedaapnr estasbi elajars iswa yang diajar denganm etoded emonstrasyi ang diseriai pemberiant ugast erstruktur terhadapm etodec eramah ( 2) untuk mengetahuai pakahm etoded emonstrasyi ang disertai pemberian tugas terstruktur lebih efektif dari pada metode ceramah. Penelitiani ni dilaksanakand i SMP Negeri 3 Jorong- KabupatenT anahL aut Kalimantan Selatanp adas emesteIr tahunp elajaran2 003/2004P. opulasip enelitian ini adalah siswa kelas I yang terdiri dari 3 kelas dan diambil sampel secara acak kelas sebagai kelompok eksperimen dan kelas sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental jenis Random Pre Test Pos TestD esign.Teknikp erlakuannyaa dalahk elas eksperimend iajar denganm etode demonstrasdi an diberi tugast erstruktur sedangkank elask ontrol diajar dengan metode ceramah. Skor prestasi belajar fisika siswa diukur dengan instrumen yang telah diuji cobakan. Skor prestasi belajar fisika siswa yang diajar dengan metode demonstrassi ertrad iberi tugast erstrukturd an metodec erarnahd iuji perbedaannya dengan statistik uji-t. Hasil analisism enyimpulkanb ahwat erdapatp erbedaans kor prestasib elajar sisway ang diajar denganm enggunakanm etoded emonstrasdi isertaip emberiant ugas terstnrktur terhadap skor prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metodec eramah.P eningkatanp restasib elajarf isika kelompok sisway ang diajar denganm etoded emonstrassi ertad iberi tugast erstruktur lebih tinggi daripada kelompok siswa yang diajar dengan metode ceramah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Aug 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18198 |
Actions (login required)
View Item |