Ratnawati, Dian Eka (2010) Perbedaan penerapan model pembelajaran berbasis aktivitas dan model pembelajaran konvensional terhadap minat siswa kelas III IPA SMU Negeri I Tempeh Lumajang pada bidang fisika oleh Dian Eka Ratnawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ratnawati Dian Eka. 2003. Perbedaan penerapa4 Model pembelajaran Berbasis Aktivitas dan Model Pembelajaran Konvensional rerhadap Minat siswa Kelas III t .l.sQ ueseri Tempeh Lumaiang pada Bidang Fisika. Skripsi Jurusan pendidikan Fisika FMIPA universitas Negeri Malang. pembimbing (I) Dri surrisno M.T (tr) Drs Asim M.pd. Kata kunci PembelajaraBne rbasisA ktivitas p embelajaraKn onvensionalM inat. Minat siswa kelas-Ill Pl_sMU Negeri Tempeh Lumajang pada bidang fisika umumlya masih rendalr hal ini dapat dilihat dari hasil pemberian angket sebelum siswad i beri perlakuan.P embelajarany ang digunakana i keur m Ip . sMU Negeri JempehL umal angin i adalahp embelajarank onvensionald enganm etodec eramah dant anyajawab.P adap rosesp embelajarainn i siswak urangd llibatkans ecaraa ktif dalam proses pencarian fakta dan prinsipprinsip. pembelajaran berbasis aktivitas yaitu pembelajarany ang berfokusp adaa ktivitas sisway ang merupakan pembelajaran9 ng- paradlgnl belajar kontruktivis yang tirdiri atast iga tahapy aitu tahapp endahuluanta hapa ktivitasd ant ahapk onsolidasip. embelajaran-ini dimungkinkanle bih efektif diterapkand alamp rosesp embelajarafnis ika. Penelitianin i bertujuanu ntukm engetahupi embelajaramn anay angl ebih efektif antarap embelajarabne rbasisa ktivitas danp embelaaj rank onvensionadl alam hal peningkatanm inat siswad alamb idangf isika. Penelitianin i menggunakamn etoder ancangane ksperimeny aitu rancangan (The one-shot case study). populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kilas rII PA lMU Negeri Tempeh Lumajang yang berjumrah dua kelas dimana kelas III IPAI sebagai kelompok kontrol dan kelas IrrIpA sebagai kelompok eksperimen. Teknik analisa datay ang digunakand alam penelitia n i adalahvarianssi atuj alan. Hasil penelitian menujukkan bahwa minat akhir siswa pada bidang fisika yang diajarm enggunakapl embelajaranberbasaisk tivitas lebih tinggi dari sisia yang d1a1qd epg pe-mtelajarank onvensional.D engand emikian pi-ru t iuon berbasis aktivitas lebih efektifdibandingkan denganp embelajarank onvensionadl itinjau dari peningkatanm inat siswa padab idangf isika- - - .- Dari hasil penelitiani ni hendaknyad isarankanp embelajaranb erbasisa ktivitas lebih banyakd iterapkand alam prosesp emberajaranfi sita agaiminat siswap ada bidang fisika dapat meningkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Aug 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18181 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |