Lembar kerja siswa (LKS) sebagai asesmen alternatif untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran fisika siswa kelas I MTS Negeri I Malang oleh Nia Suciati - Repositori Universitas Negeri Malang

Lembar kerja siswa (LKS) sebagai asesmen alternatif untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran fisika siswa kelas I MTS Negeri I Malang oleh Nia Suciati

Suciati, Nia (2010) Lembar kerja siswa (LKS) sebagai asesmen alternatif untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran fisika siswa kelas I MTS Negeri I Malang oleh Nia Suciati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci model pembelajaran SSCS strategi metakognitif menyelesaikan masalah berpikir kritis Tujuan pembelajaran adalah mengembangkan kemampuan menyelesaikan masalah dan berpikir kritis fisika. Tetapi masih banyak pembelajaran fisika yang belum berpusat pada siswa mengerjakan soal dengan menekankan pada pencocokan rumus dan praktikum untuk membuktikan konsep bukannya menemukan konsep sehingga kurang mengembangkan kemampuan siswa menyelesaikan masalah dan berpikir kritis fisika. Guru dapat merancang pembelajaran dengan menggunakan masalah yaitu model pembelajaran Search Solve Creare dan Share (SSCS) dengan strategi metakognitif. Penelitian ini bertujuan menguji perbedaan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah dan berpikir kritis fisika yang dibelajarkan dengan model pembelajaran SSCS dengan strategi metakognitif model pembelajaran SSCS dan konvensional dan menguji efektifitas model pembelajaran SSCS dengan strategi metakognitif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah dan berpikir kritis fisika. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Postest Only Control Group Design dengan pemilihan sampel acak. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Blitar. Instrumen tes kemampuan menyelesaikan masalah adalah soal uraian dan tes kemampuan berpikir kritis adalah soal pilihan ganda. Pengumpulan data dengan tes dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan Uji ANAVA dan Uji Tukey. Hasil penelitian adalah terdapat perbedaan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah dan berpikir kritis fisika yang dibelajarkan dengan model pembelajaran SSCS dengan strategi metakognitif model pembelajaran SSCS dan konvensional dan model pembelajaran SSCS dengan strategi metakognitif lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah berpikir kritis fisika daripada model pembelajaran SSCS dan konvensional. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran SSCS dengan strategi metakognitif guna membantu mengembangkan kemampuan menyelesaikan masalah dan berpikir kritis fisika. Bagi peneliti lain disarankan untuk melakukan kajian lebih lanjut untuk mengembang model pembelajaran ini sehingga membantu siswa dalam menginterpretasikan grafik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18177

Actions (login required)

View Item View Item