Tyas, Idhatul Vera Ning (2010) Pengaruh implementasi paket IPA tepadu berbasis konstruktivisme dengan tema energi terhadap kompetensi IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Singosari semester II tahun ajaran 2009/2010 / Idhatul Vera Ning Tyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Tyas Idhatul Vera Ning. 2010. Pengaruh Implementasi Paket IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme dengan Tema Energi terhadap Kompetensi IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Singosari Semester II Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang (1) Drs. Supriyono Koes H. M.Pd MA (II) Drs. Eddy Supramono. Kata Kunci IPA Terpadu Paket IPA Terpadu Kompetensi IPA. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah secara tegas menyatakan bahwa substansi mata pelajaran IPA pada SMP/ MTs merupakan IPA Terpadu. Berdasarkan hasil survey yang diselenggarakan oleh proyek MBE (2006) menunjukkan bahwa sebagian besar guru mengalami kesulitan untuk merancang pembelajaran IPA Terpadu berdasarkan Standar Isi untuk kurikulum IPA. Selain itu hasil pengamatan di beberapa toko buku di Kota Malang menunjukkan bahwa belum ditemukan buku IPA SMP yang dirancang secara Terpadu. Pada tahun 2009 telah dikembangkan paket IPA Terpadu berbasis konstruktivisme dengan berbagai tema salah satunya adalah tema energi oleh Mauladana yang telah diuji kelayakannya meliputi penilaian Paket IPA Terpadu oleh dosen dan guru serta uji keterbacaan buku panduan siswa oleh siswa SMP tetapi belum diuji secara empirik untuk mengetahui keefektifannya. Oleh sebab itu perlu dilakukan implementasi paket IPA Terpadu yang dapat membantu proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kompetensi IPA (prestasi belajar kerja ilmiah dan sikap ilmiah) pada tema energi antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan paket IPA terpadu berbasis kontruktivisme dan siswa yang mendapat pembelajaran secara konvensional (pembelajaran IPA menggunakan paket IPA dari sekolah dan tidak dilaksanakan secara Terpadu). Rancangan eksperimen yang digunakan pada penelitian ini adalah rancangan eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design). Jenis eksperimen semu yang digunakan adalah the pretest-postest nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji anakova dan uji lanjut LSD (Least Square Difference). Berdasarkan hasil uji analisis data menggunakan anakova diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan Kompetensi IPA (prestasi belajar kerja ilmiah dan sikap ilmiah) pada tema energi antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan paket IPA Terpadu dan siswa yang mendapat pembelajaran secara konvensional. Hasil uji lanjut LSD menyatakan bahwa nilai rata-rata kompetensi IPA kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jul 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18163 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |