Pengembangan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema pemanasan global bagi siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Singosari / Haris Mahmudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema pemanasan global bagi siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Singosari / Haris Mahmudi

Mahmudi, Haris (2010) Pengembangan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema pemanasan global bagi siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Singosari / Haris Mahmudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mahmudi Haris. 2010. Pengembangan Paket IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme dengan Tema Pemanasan Global bagi Siswa Kelas IX di SMP Negeri 2 Singosari. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika. Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Supriyono Koes H. M.Pd M.A (2) Drs. Triastono Imam Prasetyo M.Pd Kata kunci paket IPA Terpadu konstruktivisme tema pemanasan global Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 (2006) yang menyatakan bahwa substansi mata pelajaran IPA di SMP/MTs merupakan IPA Terpadu. Sedangkan pembelajaran IPA SMP/MTs di Malang Raya kebanyakan belum menerapkan pembelajaran terpadu. Hal ini disebabkan oleh kurang adanya buku yang menerapkan pembelajaran IPA Terpadu untuk SMP/MTs. Oleh sebab itu diperlukan pengadaan bahan ajar/paket IPA Terpadu untuk membantu penerapan pembelajaran IPA Terpadu. Pengembangan ini bertujuan (1) mengembangkan paket IPA Terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema pemanasan global bagi siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Singosari (2) mengembangkan panduan pelaksanakan pembelajaran IPA Terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema pemanasan global bagi siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Singosari. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan lima langkah yaitu (1) Studi Pendahuluan (2) Perencanaan (3) Pengembangan Bentuk Awal Produk (4) Uji coba lapangan awal (5) Revisi Produk Utama. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket kelayakan paket IPA Terpadu dan panduan pelaksanaan pembelajaran IPA Terpadu yang diisi oleh 4 validator yaitu 2 dosen (fisika dan kimia) dan 2 guru mata pelajaran IPA (biologi dan fisika) SMP Negeri 2 Singosari. Selain itu uji keterbacaan yang dilakukan oleh 6 siswa kelas IX SMP Negeri 2 Singosari. Jenis data berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari analisis nilai rata-rata angket skala Likert sedangkan data kualitatif berupa tanggapan saran dan kritik dari validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa paket IPA Terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema pemanasan global memenuhi kriteria layak dengan nilai rata-rata sebesar 3 63. Sedangkan panduan pelaksanaan pembelajaran IPA Terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema pemanasan global juga memenuhi kriteria layak dengan nilai rata-rata sebesar 3 52. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada peneliti lain untuk melakukan penelitian lebih lebih lanjut yaitu dengan melakukan kajian eksperimen dan uji coba yang lebih luas sehingga diperoleh paket dan panduan pelaksanaan pembelajaran yang teruji secara empiris.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18162

Actions (login required)

View Item View Item