Handayani, Purwaning (2010) Pengembangan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema ion untuk siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Malang / Purwaning Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Handayani Purwaning. 2010. Pengembangan Paket IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme dengan Tema Ion untuk Siswa Kelas IX di SMP Negeri 1 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika. Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Supriyono Koes H. M.Pd. M.A. (2) Drs. Parlan M.Si. Kata kunci IPA Terpadu konstruktivisme tema ion. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi menyatakan secara tegas bahwa substansi mata pelajaran IPA untuk SMP/ MTs merupakan IPA terpadu. Di lain pihak hasil survei terhadap guru IPA SMP di Malang Raya menunjukkan bahwa kebutuhan terhadap paket IPA terpadu benar-benar mendesak. Sebanyak 94 6% guru menyatakan bahwa mereka membutuhkan paket IPA terpadu untuk pembelajaran IPA SMP. Hasil pangamatan di beberapa toko buku di Malang menunjukkan bahwa belum ditemukan buku IPA SMP yang dirancang secara terpadu. Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan menyusun Paket IPA Terpadu beserta panduan pelaksanaan pembelajaran untuk guru. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kelayakan Paket dan Panduan Pelaksanaan Pembelajaran IPA Terpadu dengan Tema Ion di SMP Negeri 1 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan lima langkah awal metode Borg dan Gall yaitu studi pendahuluan perencanaan pengembangan bentuk awal produk uji lapangan awal dan revisi produk utama. Kelayakan diukur dengan menggunakan uji validitas oleh tim ahli materi (dua dosen IPA) dan pengguna paket (dua guru IPA SMP Negeri 1 Malang). Selain itu enam siswa SMP Negeri 1 Malang yang memiliki kemampuan tinggi sedang dan rendah diminta untuk membaca paket kemudian menandai kata-kata sulit dan kalimat yang belum dipahami. Hal ini dilakukan untuk mengetahui keterbacaan paket oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Paket IPA Terpadu dengan Tema Ion memperoleh nilai rata-rata 3 75 yang berarti layak. Sedangkan Panduan Pelaksanaan Pembelajaran IPA Terpadu memperoleh nilai rata-rata 3 65 yang berarti layak. Walaupun telah dinilai layak Paket dan Panduan Pelaksanaan Pembelajaran IPA Terpadu dengan Tema Ion yang dihasilkan belum dapat digunakan untuk pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan untuk melakukan penelitian pengembangan lebih lanjut terhadap Paket IPA Terpadu dengan Tema Ion dengan melakukan kajian eksperimen dan uji coba yang lebih luas sehingga diperoleh paket dan panduan pelaksanaan yang teruji validitasnya secara empiris dan siap digunakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jul 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18159 |
Actions (login required)
View Item |